Setiyawati, Indah (2015) Pemanfaatan sistem produksi konveksi untuk memahamkan materi program linier melalui pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas XI Tata Busana (TBS) SMK Negeri 1 Gedangan / Indah Setiyawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Setiyawati Indah. 2014. Pemanfaatan Sistem Produksi Konveksi Untuk Memahamkan Materi Program Linier Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Siswa Kelas XI Tata Busana (TBS) SMK Negeri 1 Gedangan.Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. (2) Dr. Makbul Muksar M.Si Kata Kunci Pemanfaatan Sistem Produksi Konveksi Pembelajaran Berbasis Proyek Program Linier 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pembelajaran dengan memanfaatkan sistem produksi konveksi untuk memahamkan materi program linier melalui pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas XI Tata Busana (TBS) SMK Negeri 1 Gedangan. Fokus penelitian adalah praktik pembelajaran yang memberikan pengalaman belajar yang terkait dengan konsep program linier melalui pembelajaran berbasis proyek. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan siklus 1 terdiri dari 4 pertemuan dan siklus 2 terdiri dari 2 pertemuan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan Tata Busana yang mengikuti pembelajaran yang terdiri dari 10 orang siswa putri dan 1 orang siswa putra. Data yang dikumpulkan antara lain berasal dari a) hasil tes siswa yang meliputi tes awal dan tes akhir tindakan siklus 1 maupun siklus 2 b) hasil observasi c) jurnal siswa dan d) hasil catatan lapangan. 12288 12288 12288 12288 Kegiatan inti siswa melakukan aktivitas pemanfaatan sistem produksi konveksi dalam pembelajaran berbasis proyek untuk memahami konsep pertidaksamaan linier dua variabel dan contoh perhitungan dalam perusahaan konveksi yang merupakan program linier. Metode penugasan dalam sebuah proyek membuat siswa belajar secara mandiri dalam kelompok belajar dan berpikir secara kritis terhadap ide-ide mereka (Mahmud A. 2011). Langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek dengan memanfaatkan sistem produksi konveksi yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terdiri dari 4 tahap yaitu (1) Persiapan pembelajaran yaitu guru menyiapkan materi menentukan skor dasar mendiskusikan pembentukan kelompok mendiskusikan jadwal proyek dan mendiskusikan jadwal diskusi kelas (2) Proses pembelajaran berbasis proyek yaitu siswa melakukan tugas proyek wawancara ke sebuah konveksi siswa mendiskusikan hasil wawancara dalam kelompoknya siswa membuat laporan proyek pada tahap ini siswa beraktivitas memahami konsep pertidaksamaan linier dua variabel dan contoh perhitungan dalam perusahaan konveksi yang merupakan program linier (3) Tahap Evaluasi yaitu siswa mendiskusikan laporan proyek dalam diskusi kelas (4) Tes/kuis setiap akhir kegiatan pembelajaran penilaian antar teman dan pengisian jurnal siswa. 12288 12288 12288 12288 Peningkatan pemahaman siswa dapat dilihat dari hasil tes aktivitas pembelajaran dan jurnal siswa. Tindakan siklus 1 memberikan ketuntasan sebesar 63 64% dengan nilai rata-rata tes awal 53 dan nilai rata-rata tes akhir tindakan siklus 1 menjadi 70 00. Tindakan siklus 2 memberikan ketuntasan sebesar 81 82% dengan nilai rata-rata tes akhir tindakan siklus 2 adalah 85. Hasil observasi terhadap pembelajaran menunjukkan bahwa pembelajaran berjalan dengan baik dengan hasil penilaian sikap siswa yang baik pula pada siklus 1 dan juga pada siklus 2. 12288 12288 12288 12288 Saran yang diberikan adalah (1) Pentingnya pembahasan materi prasyarat yang lebih mendalam dan disertai contoh yang bervariasi. (2) Durasi waktu pelaksanaan tugas proyek sebaiknya tidak terlalu lama. (3) Guru memberikan penekanan tentang makna simbol-simbol yang digunakan pada materi program linier. (4) Perintah atau langkah-langkah kerja dalam LKP hendakya lebih diperjelas. (5) Pembelajaran dengan memanfaatkan kompetensi kejuruan di SMK dapat digunakan untuk mengatasi kebosanan pada siswa dan membuka wawasan siswa terhadap aplikasi matematika serta keterkaitan matematika dengan disiplin ilmu yang lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59470 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |