Penerapan pembelajaran strategi REACT untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada materi vektor bagi siswa kelas XI SMKN 2 Barabai / Siti Rahmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran strategi REACT untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada materi vektor bagi siswa kelas XI SMKN 2 Barabai / Siti Rahmah

Rahmah, Siti (2015) Penerapan pembelajaran strategi REACT untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada materi vektor bagi siswa kelas XI SMKN 2 Barabai / Siti Rahmah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahmah Siti. 2014. Penerapan Pembelajaran Strategi React Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Vektor Bagi Siswa Kelas XI SMKN 2 Barabai. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A. (2) Dr. Makbul Muksar S.Pd M. Si Kata Kunci Pembelajaran dengan Strategi REACT Komunikasi Matematis. Berdasarkan hasil diskusi peneliti dengan guru Matematika di SMKN 2 Barabai dan juga pengalaman peneliti selama mengajar di sana diperoleh informasi bahwa materi yang masih sulit dipahami siswa adalah materi vektor. Siswa sering mengalami kesulitan dalam hal komunikasi matematis tertulisnya. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti siswa kurang terlibat dalam pembelajaran siswa terbiasa menyelesaikan masalah yang terpaku pada contoh guru dan kegiatan belajar masih didominasi oleh guru. Adapun kelas yang sering mengalami masalah dalam pembelajaran matematika adalah kelas XI B TKR. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran dengan strategi REACT yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan XI SMKN 2 Barabai pada materi vektor. Ada beberapa komponen sesuai NCTM yang menjadi indikator komunikasi matematis tertulis pada penelitian ini yaitu siswa mampu menuliskan masalah ke dalam kalimat matematika menuliskan pemahaman konsep dengan benar menuliskan penyelesaian masalah dengan strategi dan langkah-langkah yang benar serta melakukan perhitungan dengan benar. Pelaksanaan pembelajaran terdiri dari tiga tahap yaitu kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan penutup dengan memuat lima komponen dari strategi REACT yaitu mengaitkan (relating) mengalami (experiencing) menerapkan (applying) bekerja sama (cooperating) dan mentransfer (transferring). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah kelas XI B TKR yang berjumlah 31 siswa dengan 1 siswa perempuan dan 30 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis siswa dan observasi selama pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan strategi REACT dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa pada materi vektor dimensi dua. Pada penelitian diperoleh rata-rata persentase aktivitas guru siklus I yaitu 87 72% berada pada kategori baik dan siklus II yaitu 92 76% berada pada kategori sangat baik. Rata-rata persentase aktivitas siswa siklus I yaitu 80 18% termasuk dalam kategori baik dan siklus II yaitu 92 57% termasuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil nilai akhir siswa terjadi peningkatan pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa siswa yang mendapat skor minimal 70 pada nilai akhir siswa siklus I adalah 55 6% meningkat pada nilai akhir siswa siklus menjadi 77 4%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59469

Actions (login required)

View Item View Item