Penerapan siklus belajar (learning cycle) eisenkraft untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah persamaan kuadrat pada siswa kelas X4 / Helni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan siklus belajar (learning cycle) eisenkraft untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah persamaan kuadrat pada siswa kelas X4 / Helni

Helni (2015) Penerapan siklus belajar (learning cycle) eisenkraft untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah persamaan kuadrat pada siswa kelas X4 / Helni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Helni. 2014. Penerapan Siklus Belajar (Learning Cycle) Eisenkraft Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Siswa Kelas X4. Tesis Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd (2) Dra. Santi Irawati M.Si Ph.D Kata Kunci Model Siklus Belajar (Learning Cycle) Kemampuan Pemecahan Masalah Persamaan Kuadrat. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah yang dihadapi siswa SMAN 1 Pelaihari yaitu siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. Dari hasil observasi peneliti menemukan masih dijumpai siswa yang kesulitan dalam memecahkan masalah persamaan kuadrat. Oleh karena itu diperlukan usaha yang serius dalam meningkatkan kemampuan siswa terhadap konsep tersebut. Usaha yang dapat dilakukan peneliti untuk menyelesaikan persoalan ini adalah dengan menerapkan model siklus belajar (learning cycle). 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan langkah-langkah pembelajaran dengan model siklus belajar (learning cycle) yang dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data penelitian meliputi (1) hasil validasi perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian (2) hasil observasi aktivitas guru dan siswa (3) hasil wawancara (4) hasil tes siswa. Penelitian dilaksanakan di kelas X4 SMAN 1 Pelaihari Kalimantan Selatan tahun pelajaran 2013/2014. Subjek wawancara adalah 6 siswa yang terdiri dari 2 berkemampuan tinggi 2 berkemampuan sedang dan 2 berkemampuan rendah. Berdasarkan hasil tes akhir siklus 1 diperoleh persentase siswa yang memperoleh skor minimal 75 sebesar 93% sedangkan hasil tes akhir siklus 2 diperoleh persentase siswa yang memperoleh skor minimal 75 sebesar 100%. Sedangkan hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus 1 dan 2 dalam kriteria sangat baik. Dan hasil pengamatan aktivitas siswa pada pertemuan 1 dan 2 dalam kriteria sangat baik. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa proses pembelajaran dengan model siklus belajar (learning cycle) Eisenkraft dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada materi persamaan kuadrat yang dilakukan dalam tujuh tahap yaitu elicite engagement exploration explanation elaboration evaluation dan extend. Pada tahap elicite dan engagement siswa diingatkan kembali tentang tiga cara penyelesaian persamaan kuadrat yaitu dengan cara memfaktorkan melengkapkan kuadrat sempurna dan menggunakan rumus abc. Pada tahap exploration siswa mencari penyelesaian dari soal pemecahan masalah yang diberikan. Pada tahap explanation siswa memaparkan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas. Pada tahap elaboration siswa mencari penyelesaian dari soal pemecahan masalah yang berbeda dari sebelumnya. Dan pada tahap evaluation dan extend siswa menjawab soal-soal tes yang diberikan secara individu. Bagi peneliti lain yang berminat mengadakan penelitian serupa hendaknya dapat mengembangkan pembelajaran ini pada materi matematika yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59467

Actions (login required)

View Item View Item