Proses berpikir kreatif siswa kelas X dalam memecahkan masalah matematika / Erni Juraina - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses berpikir kreatif siswa kelas X dalam memecahkan masalah matematika / Erni Juraina

Juraina, Erni (2015) Proses berpikir kreatif siswa kelas X dalam memecahkan masalah matematika / Erni Juraina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Juraina Erni.2014.ProsesBerpikirKreatifSiswaKelasXdalamMemecahkanMasalahMatematika.Tesis.ProgramStudiPendidikanMatematika.PascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing (1)Dr.Subanji M.Si (2)Dr.SwasonoRahardjo S.Pd. M.Si. Katakunci prosesberpikirkreatif memecahkanmasalahmatematika. PermasalahanyangdihadapisaatinibagiduniapendidikanmatematikadiIndonesiaadalahrendahnyakualitassiswadalamhalpenguasaanmatematikadankemampuanpemecahanmasalahmatematissiswayangmasihkurang.Salahsatupenyebabnyaadalahberpikirkreatifmatematikayangmasihrendah.Matematikaadalahsuatualatuntukmengembangkancaraberpikir.Salahsatucaraberpikiradalahprosesberpikirkreatif.Berpikirkreatif(creativethinking)merupakanperwujudandaritingkatberpikirtinggi(higherorderthinking)setelahberpikirdasar(basicthinking)danberpikirkritis(criticalthinking).Denganmengetahuibagaimanaprosesberpikirkreatifmatematikapadasiswaakanmemberikanpengetahuanbagaimanacarameningkatkankemampuanberpikirkreatifmatematikaitusendiri. TujuanpenelitianiniuntukmendeskripsikanprosesberpikirkreatifsiswakelasXdalammemecahkanmasalahmatematika.Dalampenelitianini akanditelitiprosesberpikirkreatifpadatahapan-tahapanmembangunide mensintesiside merencanakanpenerapanide danmenerapkanidetersebut.Adapunindikatorprosesberpikirkreatifdidalampenelitianiniterdiriataskelancaran(fluency) fleksibilitas(flexibility)dankeaslian(originality). PenelitianinidilakukandiSMABanuaKalselBilingualBoardingSchooldenganmengambilsubjekpenelitiansebanyak4orangterdiriatas1orangdarikelompoktingkatberpikirkreatiftinggi 2orangdarikelompoktingkatberpikirkreatifsedangdan1orangdarikelompoktingkatberpikirkreatifrendah.Jenispenelitianiniadalahdeskriptifkualitatifdengansifatnyaeksploratif.Pengumpulandatadilakukandenganpemberiantugaspemecahanmasalahdanwawancaramendalam.Metodepuposivesamplingdigunakanuntukmenentukansubjekpenelitian.Analisisdatamenggunakanreduksidata penyajiandatadanpenarikankesimpulan.Sedangkanpengecekankeabsahandatamenggunakanmetodetriangulasisumber. v Berdasarkanpenelitiandiperolehhasilsebagaiberikut (1)secaraumumsiswaberpikirkreatiftingkattinggi sedangdanrendahsudahmemenuhiindikatorberpikirkreatifyaknikelancaran(fluency) fleksibilitas(flexibility)dankeaslian(originality)dalammemecahkanmasalahmatematikayangdiberikannamunmenunjukkanderajatyangberbeda-bedaantarasatudenganyanglainnya (2)padasiswaberpikirkreatiftingkattinggimenunjukkanciri-cirisangatlancar fleksibeldanoriginaldalammemecahkanmasalahyangdiberikanbaiksecaratertulismaupunsecaralisan padasiswaberpikirkreatiftingkatsedangmenunjukkanciri-ciricukuplancardancukupfleksibeldalammenyelesaikanmasalahyangdiberikansecaratertulisnamuntetaporiginal sedangkanpadasiswaberpikirkreatiftingkatrendahdalammemecahkanmasalahyangdiberikanmenunjukkanciri-ciricukupbahkankuranglancarpadaketigaindikatorberpikirkreatif dan(3)adanyaperbedaanantarasiswaberpikirkreatiftingkattinggi sedangmaupunrendahpadatahapan-tahapanmemecahkanmasalahmatematikayangdiberikan.Padatahapmembangunide siswaberpikirkreatiftingkattinggi sedangmaupunrendahmenunjukkanindikatorkelancaran fleksibilitasdankeaslian.Padatahapmensintesiside merencanakanpenerapanidedanmenerapkanide siswaberpikirkreatiftingkattinggisangatlancar fleksibeldanoriginal siswaberpikirkreatiftingkatsedangcukuplancardanoriginalnamuntetapfleksibelsedangkanpadasiswaberpikirkreatiftingkatrendahcukuplancarnamunkurangfleksibeldanoriginal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59466

Actions (login required)

View Item View Item