Pembelajaran inkuiri terbimbing bersetting kooperatif STAD untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah logika matematika siswa kelas X / Nahdiannor - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran inkuiri terbimbing bersetting kooperatif STAD untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah logika matematika siswa kelas X / Nahdiannor

Nahdiannor (2015) Pembelajaran inkuiri terbimbing bersetting kooperatif STAD untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah logika matematika siswa kelas X / Nahdiannor. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nahdiannor. 2014. Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Bersetting Kooperatif STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Logika Matema-tika Siswa Kelas X. Tesis. Pendidikan Matematika Pascasarjana Univer-sitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Toto Nusantara M.Si. (2) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. Kata kunci Inkuiri Terbimbing STAD Kemampuan Pemecahan Masalah Logika Matematika. 12288 12288 12288 12288 Logika matematika merupakan salah satu subyek pelajaran yang penting di sekolah. Logika matematika mendasari dan mengajarkan cara berfikir matematis. Oleh sebab itu penguasaan hukum-hukum logika pada pelajaran matematika menjadi syarat yang harus dipenuhi siswa SMA Negeri 1 Muara Harus. Pada observasi yang dilakukan peneliti siswa masih mengalami kesulitan menyelesai-kan soal konvers invers dan kontraposisi dari suatu pernyataaan. Hal ini disebab-kan oleh metode pembelajaran yang diterapkan masih kurang melibatkan siswa. Padahal pelibatan siswa tersebut penting yaitu agar siswa memperoleh pengala-man memecahkan masalah logika matematika dan menumbuhkan sikap kompe-titif untuk memperoleh hasil belajar yang terbaik. Salah satu metode yang dapat melibatkan siswa dalam pembelajaran adalah inkuiri terbimbing bersetting koope-ratif STAD. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pembelajaran inkuiri terbimbing bersetting kooperatif STAD yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah logika matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Muara Harus. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dirancang dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas XA SMA Negeri 1 Muara Harus Kabupaten Tabalong. Subyek penelitian terdiri dari 20 siswa yang difokuskan pada 10 siswa yang terdiri dari 2 siswa berkemampuan tinggi 6 siswa berkemampuan sedang dan 2 siswa berkemampuan rendah. Fokus penelitian dipilih berdasarkan hasil tes awal. 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran inkuiri terbimbing bersetting kooperatif STAD dimulai dengan membentuk kelompok secara heterogen (4 5 orang). Pembagian kelompok disusun berdasarkan tingkat kemampuan kognitif siswa dan perbedaan gender. Siswa berdiskusi untuk mengamati dan memahami masalah logika matematika yang disajikan pada lembar kerja. Siswa dibimbing untuk mengumpulkan data-data yang terdapat dalam masalah logika matematika serta menduga cara penyelesaiannya. Siswa dibimbing untuk menterjemahkan data-data yang diperoleh ke dalam kalimat matematika dan mencoba menyelesaikan masalah tesebut sebagaimana dugaan penyelesaian yang telah dirumuskan. Kemudian siswa merumuskan kesimpulan dari masalah logika matematika yang telah diselesaikan. Selain melalui petunjuk yang tedapat pada lembar kerja guru dapat memberikan bimbingan secara langsung. Bimbingan yang diberikan guru berupa pertanyaan-pertanyan yang diarahkan pada petunjuk melakukan kegiatan inkuiri untuk memecahkan masalah logika matematika. Presentasi hasil kerja kelompok siswa dilakukan oleh masing-masing kelompok secara bergiliran. Guru dapat mengatur jalannya diskusi dengan menuntun siswa yang melakukan presentasi dan meminta perhatian dari siswa lain agar mereka menyimak presentasi yang disampaikan. Kuis individual dilakukan dengan petunjuk dan aturan yang jelas. Guru mengawasi siswa dan mengkondisikan jalannya pelaksanaan kuis. Penghargaan diberikan kepada kelompok yang terbaik. Penghargaan dapat berupa pujian atau benda yang bermanfaat. Penetapan kelom-pok yang mendapat penghargaan dilakukan oleh guru bersama-sama dengan siswa. Bagi guru yang ingin menerapkan hasil penelitian ini dalam pembelajaran hendaknya menyusun lembar kerja dan lembar soal tes sesuai dengan kemampuan siswa. Bagi yang berminat meneliti pembelajaran inkuiri terbimbing besetting koopeatif STAD untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah logika matematika sebaiknya melakukan uji validitas dan reliabilitas instumen soal dan menggunakan soal tes dalam beberapa kali pelaksanaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59465

Actions (login required)

View Item View Item