Pengembangan perangkat pembelajaran kontektual berseting kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada materi trigonometri / Mariani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran kontektual berseting kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada materi trigonometri / Mariani

Mariani (2015) Pengembangan perangkat pembelajaran kontektual berseting kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada materi trigonometri / Mariani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mariani 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kontekstual Bersetting Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada Materi Trigonometri Tesis Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sri Mulyati M.Pd (2) Dra. Santi Irawati M.Si Ph.D. Kata Kunci Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kontekstual Kooperatif Two Stay Two Stray. Berdasarkan hasil pengamatan selama mengajar matematika di SMA Negeri 5 Banjarmasin dan wawancara dengan guru matematika SMA disimpulkan bahwa pada umumnya pembelajaran di sekolah masih bersifat konvensional yaitu pembelajaran berpusat pada guru dan perangkat pembelajaran yang diantaranya RPP dan LKS masih menggunakan yang sudah jadi bukan buatan guru itu sendiri. Berlatar hal ini perlu diupayakan pembelajaran yang tidak lagi berpusat pada guru dengan perlu didukung RPP dan LKS yang bisa meningkatkan hasil belajar siswa yaitu efektif dan bermakna. Pembelajaran kontekstual merupakan salah satu pembelajaran matematika yang dapat membuat siswa menemukan makna dalam pembelajaran mereka. Melalui interaksi dalam komunitas belajar proses dan hasil belajar menjadi lebih bermakna. Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang mengutamakan kerjasama diantara siswa dalam mempelajari materi pelajaran. Salah satu tipe dari model pembelajaran kooperatif adalah Two Stay Two Stray (TSTS). Pada model pembelajaran kooperatif tipe TSTS ini siswa dapat menjadi lebih aktif yaitu pada saat diskusi dalam kelompok maupun saat bertamu ke kelompok lain. Tujuan pengembangan dalam penelitian ini adalah menghasilkan suatu perangkat pembelajaran kontekstual yang valid praktis dan efektif bersetting kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada materi Trigonometri. Desain pengembangan dalam penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan model Plomp. Fase-fase dalam pengembangan model Plomp yaitu (1) preliminary research (fase penelitian awal) (2) prototyping phase (fase prototype ) dan (3) assessment phase (fase penilaian). Subjek pengembangan perangkat pembelajaran ini adalah 30 orang siswa kelas X-1 SMA Negeri 5 Banjarmasin. Hasil validasi menurut kedua validator diperoleh skor kevalidan perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP dan LKS berturut-turut 3 66 dan 3 60 dari skor maksimal 4. Sehingga RPP dan LKS yang disusun telah memenuhi kriteria valid. Hasil observasi mengenai tingkat keterlaksanaan penggunaan LKS berada dalam kategori tinggi dan hasil observasi aktivitas guru dalam kategori aktif sehingga perangkat pembelajaran memenuhi kriteria kepraktisan. Keefektifan diamati melalui beberapa indikator yaitu (1) Nilai akhir siswa (2) observasi aktivitas siswa dan (3) angket respon siswa. Berdasarkan uji coba yang dilakukan diperoleh hasil yaitu sebanyak 100% siswa mendapat nilai minimal 70 sehingga kriteria ketuntasan belajar yang diharapkan sudah terpenuhi. Observasi aktivitas siswa dalam kategori aktif dan berdasarkan perhitungan angket respon siswa menunjukkan bahwa respon siswa positif. Berdasarkan indikator-indikator tersebut dapat disimpulkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59463

Actions (login required)

View Item View Item