Penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Tanta pada materi fungsi komposisi / Amalia Jaina - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Tanta pada materi fungsi komposisi / Amalia Jaina

Jaina, Amalia (2015) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Tanta pada materi fungsi komposisi / Amalia Jaina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jaina Amalia. 2014. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanta Pada Materi Fungsi Komposisi. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Cholis Sa dijah M.Pd MA (II) Dr. Swasono Rahardjo S.Pd M.Si. Keywords pembelajaran kooperatif tipe NHT keaktifan hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Penerapan model pembelajaran yang tepat perlu dilakukan dalam upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi fungsi komposisi salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif tipe NHT dinilai mampu untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi fungsi komposisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Tanta. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang dikumpulkan meliputi (1) hasil observasi kegiatan guru (2) hasil observasi kegiatan siswa (3) hasil observasi keaktifan belajar siswa (4) tes hasil belajar (5) hasil wawancara. Prosedur penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus berulang yang didalamnya terdapat empat (4) tahapan yaitu perencanaan tindakan pengamatan/observasi dan refleksi. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa meliputi tujuh (7) langkah pembelajaran yaitu (a) persiapan (b) pembentukan kelompok (c) pengajuan pertanyaan (d) diskusi masalah (e) memanggil nomor anggota dan pemberian jawaban (f) memberikan penghargaan (g) membuat kesimpulan. (2) Keaktifan belajar siswa dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah pembelajaran ini. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Tanta dan penerapan model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59462

Actions (login required)

View Item View Item