Yunindha, Qonia Chusna (2015) Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui media lingkungan pada siswa kelas III SDN Sawojajar 2 Malang / Qonia Chusna Yunindha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Yunindha Qonia Chusna. 2015. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Media Lingkungan Pada Kelas III SDN Sawojajar 2 Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. M. Thoha A.R S.Pd M.Pd (2) Drs. A. Badawi S.Pd M.Pd. Kata Kunci menulis puisi media lingkungan. Hasil observasi menunjukkan bahwa keterampilan menulis puisi siswa kelas III SDN Sawojajar 2 Malang masih rendah hal ini dapat dilihat dari (1) Siswa kesulitan dalam menulis puisi (2) Banyak siswa yang yang masih malas jika diminta guru untuk membuat puisi (3) Saat pembelajaran Bahasa Indonesia tidak memanfaatkan lingkungan sekitar. Untuk itu perlu adanya penggunaan media yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran yaitu dengan Media Lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media lingkungan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas III SDN Sawojajar 2 Malang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan yaitu (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan (4) Refleksi. Menggunakan tiga cara dalam pengumpulan data yaitu (1) Observasi (2) Tes (3) Dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SDN Sawojajar 2 Malang yang beralamat di Kecamatan Kedungkandang Malang pada siswa kelas III. Dengan banyak siswa 45. Siswa perempuan sebanyak 29 dan siswa laki-laki sebanyak 16. Penelitian mulai dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2015 sampai dengan 20 Maret 2015. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis puisi melalui media lingkungan pada siklus I sebesar 77% yang sudah terampil dalam menulis puisi dan pada siklus II sebesar 86% yang sudah terampil dalam menulis puisi. Hasil belajar siswa pada pratindakan sebesar 27% yang sudah terampil dalam menulis puisi pada siklus I mencapai rata-rata ketuntasan sebesar 43% yang sudah terampil dalam menulis puisi dan pada siklus sebesar II 88% yang sudah terampil dalam menulis puisi. Sisanya yaitu 12% yang belum tuntas (belum terampil dalam menulis puisi) dikarenakan masih kesulitan dalam menulis. Saran bagi guru peneliti lain dan kepala sekolah yang ingin menerapkan media lingkungan ini dalam pembelajaran sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut (1) Pengorganisasian kelas dalam pembelajaran lebih ditingkatkan agar pembelajaran dapat terlaksana dengan optimal (2) Memberikan motivasi pada siswa agar bersemangat dalam menulis puisi (3) Pandai mengkondisikan siswa baik di dalam maupun di luar kelas (4) Sebelum dilakukan pembelajaran guru dan siswa mengetahui langkah-langkah dalam penerapan media lingkungan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/5946 |
Actions (login required)
View Item |