Pembelajaran kooperatif berbantuan multimedia untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar kelas VIII / Supiat - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran kooperatif berbantuan multimedia untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar kelas VIII / Supiat

Supiat (2015) Pembelajaran kooperatif berbantuan multimedia untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar kelas VIII / Supiat. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Supiat. 2014. Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd. M.A. (II) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. Kata Kunci Kooperatif multimedia kemampuan pemecahan masalah luas permukaan dan volume Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran kooperatif berbantuan instruksi multimedia yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah geometri 3D khususnya luas permukaan dan volume. Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di SMPN 134 Jakarta. Tiga puluh enam siswa kelas VIII-4 terdiri dari delapan belas laki-laki dan delapan belas siswa perempuan berpartisipasi dalam penelitian ini. Penelitian ini menunjukkan bahwa tindakan guru yang dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk memecahkan masalah geometri dalam pelaksanaan pembelajaran kooperatif berbantuan instruksi multimedia adalah sebagai berikut (1) menyiapkan secara lebih seksama slide gambar dan pertanyaan yang mengajak siswa berinteraksi dengan multimedia yang disedikanan (2) mendampingi siswa yang kesulitan dalam membuat langkah-langkah menjalankan langkah-langkah dan membuat kesimpulan penyelesaian dan membantu mengarahkan siswa menjawab pertanyaan yang kurang paham dari masalah (3) mengatur posisi tempat duduk kelompok menjadi berbentuk lingkaran dan membuat aturan berdiskusi dalam pembelajaran dengan siswa (4) memberikan waktu pembelajaran lebih banyak pada tahap inti agar siswa dapat berdiskusi lebih lama. Berdasarkan proses dan hasil yang diperoleh disarankan agar guru atau peneliti selanjutnya (1) dapat menyiapkan perangkat pendukung yang diperlukan secara seksama sejak awal karena kemungkinan perangkat yang diperlukan di sekolah yang terbatas tidak tersedia atau rusak (2) dapat memvalidasi instrumen multimedia yang akan digunakan terlebih dahulu agar didapatkan instrumen multimedia yang valid (3) dapat membagi waktu yang tepat dalam pelaksanaan pembelajaran agar waktu yang digunakan dalam penelitian lebih efisien.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59459

Actions (login required)

View Item View Item