Pemgembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk SMK Negeri 3 Malang / Laily Mufidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemgembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk SMK Negeri 3 Malang / Laily Mufidah

Mufidah, Laily (2015) Pemgembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk SMK Negeri 3 Malang / Laily Mufidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mufidah Laily. 2014. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk SMK Negeri 3 Malang. Tesis Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Sri Mulyati M.Pd. (II) Dr. Sisworo M.Si. Kata kunci pengembangan bahan ajar Lembar Kegiatan Siswa Matematika penemuan terbimbing. Bahan ajar memiliki posisi yang penting dalam pembelajaran yaitu sebagai wakil dari penjelasan guru di depan kelas. Uraian-uraian keterangan dan informasi yang harus disampaikan guru dapat disajikan dalam suatu bahan ajar. Hal tersebut dapat mengurangi kegiatan menjelaskan di depan kelas tetapi memperbanyak waktu untuk membimbing siswa sebagai sarana untuk mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar sebagai wujud pelayanan guru terhadap siswa untuk menyusun bahan ajar yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian pengembangan yang berorientasi pada pengembangan produk beserta efektifitasnya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan metode penemuan terbimbing untuk materi matriks yang disusun diharapkan menjadi salah satu wujud pelayanan bagi siswa SMK Negeri 3 Malnag khususnya yang sedang melaksanakan praktek industri. Prosedur pelaksanaan pengembangan bahan ajar ini mengunakan sembilan langkah yang diadopsi dari model Dick Carey Carey (1990) di antaranya mengidentifikasi kebutuhan untuk menentukan tujuan umum melakukan analisis pembelajaran menganalisa siswa dan konteks merumuskan tujuan khusus mengembangkan instrumen penilaian mengembangkan strategi pembelajaran mengembangkan dan memilih bahan ajar merancang dan melaksanakan evaluasi formatif merevisi bahan ajar. Dalam proses pengembangan produk yang dihasilkan dilakukan validasi oleh ahli materi dan revisi sesuai saran validator. Setelah LKS dinyatakan layak oleh ahli-ahli tersebut selanjutnya LKS di uji cobakan di kelas untuk melihat efektifitas LKS yang dikembangkan tersebut. 12288 12288 12288 12288 Penelitian telah menghasilkan sebanyak 5 LKS. Hasil evaluasi setelah siswa menyelesaikan LKS penemuan terbimbing ini menunjukkan bahwa 87 5% siswa tuntas sesuai KKM SMK Negeri 3 Malang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59458

Actions (login required)

View Item View Item