Penggunaan botol minuman untuk memahamkan siswa tentang sistem persamaan linear melalui pembelajaran kontekstual di kelas X SMAN 7 Barabai Kalimantan Selatan / Eulis Sulastri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan botol minuman untuk memahamkan siswa tentang sistem persamaan linear melalui pembelajaran kontekstual di kelas X SMAN 7 Barabai Kalimantan Selatan / Eulis Sulastri

Sulastri, Eulis (2015) Penggunaan botol minuman untuk memahamkan siswa tentang sistem persamaan linear melalui pembelajaran kontekstual di kelas X SMAN 7 Barabai Kalimantan Selatan / Eulis Sulastri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sulastri Eulis. 2014. Penggunaan Botol Minuman untuk Memahamkan Siswa Tentang Sistem Persamaan Linier melalui Pembelajaran Kontekstual di Kelas X SMAN 7 Barabai Kalimantan Selatan. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. H. Gatot Muhsetyo M.Sc (II) Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si Ph.D. Kata Kunci benda manipulatif memahamkan sistem persamaan linier Berdasarkan observasi di SMAN 7 Barabai ditemukan fakta bahwa beberapa siswa memiliki kesulitan dalam pemahaman konsep tentang sistem persamaan linier dua variabel. Untuk mengatasi ketidakpahaman konsep beberapa alternatif penyelesaian perlu dicari untuk membantu siswa mengatasi kesulitan melalui penggunaan media dan perbaikan proses pembelajaran sehingga siswa terbantu dan terarah memahami konsep. Benda manipulatif yang digunakan sebagai jembatan untuk memahamkan konsep SPLDV berupa botol minuman dan proses pembelajaran yang digunakan untuk membantu siswa memahami konsep adalah pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL). Pelaksanaan penggunaan botol minuman untuk memahamkan siswa tentang sistem persamaan linier dua variabel melalui pembelajaran kontekstual diatur melalui langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan akhir. Kegiatan awal terdiri dari mengingat materi sebelumnya menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa. Kegiatan inti dengan melalui 7 komponen pembelajaran kontekstual yaitu (1) konstruktivisme (2) menemukan (3) menanya (4) pemodelan (5) masyarakat belajar (6) refleksi dan (7) penilaian sebenarnya. Kegiatan akhir adalah memahami kesimpulan hasil pembelajaran. Saran yang diberikan adalah pembelajaran sistem persamaan linier dua variabel dengan menggunakan benda manipulatif botol minuman melalui pembelajaran kontekstual membutuhkan waktu yang lama dalam menemukan selesaian masalah yang disajikan sehingga sebagai masukan dalam pembelajaran berikutnya sebaiknya botol minuman yang disajikan tidak perlu terlalu banyak. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan botol minuman untuk memahamkan siswa dalam menyusun sistem persamaan linier dua variabel melalui pembelajaran kontekstual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan Penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian model Kemmis dan Mc Taggart dengan menggunakan siklus spiral. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Hasil siklus I diketahui bahwa siswa belum memahami konsep sistem persamaan linier dua variabel siswa yang tuntas dalam mengerjakan soal tes 33 3% sedangkan persentase banyaknya siswa yang tidak tuntas dalam mengerjakan soal tes adalah 66 7%. Hasil siklus II diketahui bahwa siswa yang tuntas dalam mengerjakan soal tes 81 0% sedangkan persentase banyaknya siswa yang tidak tuntas dalam mengerjakan soal tes adalah 19 0%. Subyek penelitian adalah siswa kelas X4 SMAN 7 Barabai sebanyak 21 siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59457

Actions (login required)

View Item View Item