Mustiadi (2015) Proses mengkonstruksi mind map materi bilangan bulat dalam diskusi kelompok kecil siswa kelas VII SMP Daarul Ukhuwwah Malang / Mustiadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Mustiadi. 2014. Proses Mengkonstruksi Mind Map Materi Bilangan Bulat Dalam Diskusi Kelompok Kecil Siswa Kelas VII SMP Daarul Ukhuwwah Malang. Tesis Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Mulyati M.Pd. (II) Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si. Ph.D. Kata Kunci mengkonstruksi mind map kelompok kecil Dalam proses pembelajaran siswa harus aktif melakukan kegiatan aktif berpikir menyusun konsep dan memberi makna tentang hal-hal yang sedang dipelajari sedangkan guru berperan dalam memberdayakan seluruh potensi siswa agar siswa mampu melaksanakan proses. Dalam hal belajar matematika siswa diharapkan mampu mengkonstruksi pengetahuan sesuai dengan masalah yang mereka hadapi. Salah satu metode pembelajaran yang melibatkan siswa untuk berpartisifasi aktif dalam proses belajar adalah diskusi kelompok kecil dengan kelompok kecil ini semua siswa dapat berperan aktif sehingga bagi siswa yang berkemampuan rendah mendapatkan teman yang bisa membantu kesulitannya sementara siswa yang berkemampuan biasa bisa meningkatkan kemampuannya dengan kerjasama dalam kelompok.Rendahnya penguasaan terhadap ilmu matematika siswa tidak hanya dipengaruhi oleh faktor model pembelajaran matematika di kelas hal ini juga bisa dipengurhi oleh kemampuan berpikir siswa. Untuk membantu dan merangsang kretifitas berpikir siswa dalam diskusi kelompok kecil maka mind map merupakan salah satu alternatif yang sangat efektif sabagaimana pendapat salah satu ahli yang mengungkapkan mind map adalah sebuah teknik grafik yang menyediakan suatu kunci global untuk membuka seluruh potensi otak manusia sehingga dapat menggunakan kemampuan yang ada di kedua belah otak seperti gambar kata angka logika ritme dan warna dalam suatu cara unik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang berupaya mendeskripsikan bagimana siswa mengkonstruksi mind map materi bilangan bulat dalam kelompok kecil subjek penelitian ini adalah 4 siswa yang terdiri dari 2 siswa dikategorikan memiliki kemampuan tinggi dan sedang dan 2 siswa dikategorikan memiliki kemampuan tinggi dan rendah. Data penelitian berupa data tertulis dan data lisan. Data tertulis diperoleh dari lembar tugas siswa dalam merangkum materi yang mereka pelajari dalam bentuk mind map dan data lisan didapatkan dari hasil rekaman interaksi yang terjadi diantara siswa ketika mereka berdikusi dalam kelompok kecil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam mengkonstruksi mind map materi bilangan bulat tidak sama satu sama lain namun siswa terlihat lebih kreatif dan senang menggunakan mind map dalam meringkas meteri yang mereka pelajari semua siswa baik yang berkemampuan rendah sedang dan tinggi membuat ringkasan materi bilangan bulat berbasis mind map sudah sesuai dengan petunjuk pembuatan mind map. Konsep bilangan bulat yang mereka ringkas dengan mind map dapat mereka baca dan pahami dengan baik setiap siswa membuat ringkasannya dengan kemampuan dan pemahaman mereka sendiri serta lebih kreatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59456 |
Actions (login required)
View Item |