Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Panyipatan melalui strategi pembelajaran REACT / Aminudin

Aminudin (2015) Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Panyipatan melalui strategi pembelajaran REACT / Aminudin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aminudin. 2014. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Panyipatan melalui Strategi Pembelajaran REACT. Tesis. Pasca Sarjana Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Cholis SaÔÇÖdijah, M.Pd, M.A, (II) Dr. Sisworo, M.Si. Kata kunci: Pemecahan masalah matematis, strategi pembelajaran REACT     Pembelajaran yang tepat perlu diterapkan sebagai upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada sub pokok materi pernyataan majemuk, salah satunya dengan menerapkan pembelajaran kontekstual. Salah satu strategi dalam pembelajaran kontekstual adalah strategi pembelajaran REACT yang terdiri atas lima (5) komponen yaitu relating, experiencing, applying, cooperating, dan transferring. Strategi pembelajaran REACT dinilai mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada sub pokok materi pernyataan majemuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika melalui strategi REACT yang dapat meningkatkan pemecahan masalah matematis pada siswa SMA Negeri 1 Panyipatan.     Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian dalam penelitian ini memiliki empat (4) tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi , dan refleksi yang dilaksanakan dalam bentuk siklus berulang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XA SMA Negeri 1 Panyipatan yang berjumlah 34 siswa. Data yang dikumpulkan berupa hasil observasi guru dan siswa serta hasil tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.     Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan pembelajaran melalui strategi REACT yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa meliputi: (a) membentuk kelompok (cooperating); (b) mengangkat permasalahan kontekstual di awal pembelajaran (relating); (c) membagikan LKS;(d) memanipulasi alat peraga (experiencing); (e) mendiskusikan masalah pada LKS (applying dan transferring);(f) mempresentasikan hasil diskusi; serta (g) meyimpulkan pembelajaran (2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 9,71%.     Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran REACT dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Panyipatan sehingga srategi pembelajaran REACT ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59454

Actions (login required)

View Item View Item