Fauzi, Achmad (2015) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa SMAN 1 Pamukan Barat / Achmad Fauzi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Fauzi Achmad. 2014. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa SMA Negeri 1 Pamukan Barat. Tesis Program studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd M.A dan (II) Dr. Makbul Muksar S.Pd M.Si Kata kunci pembelajaran kooperatif jigsaw motivasi belajar Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa pada siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Pamukan Barat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Pamukan Barat tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 32 siswa. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa meliputi (a) materi yang akan dibahas dibagi menjadi 4 bagian (b) sebelum siswa berdiskusi di kelompok asal guru menyampaikan pokok-pokok materi secara lisan dan menuliskan materi tersebut di papan tulis (c) membentuk kelompok asal yang terdiri dari 4 siswa secara heterogen berdasarkan kemampuan kognitif untuk mengoptimalkan waktu guru meminta siswa untuk duduk dalam satu kelompok asal sebelum pelajaran dimulai (d) membagikan LKS dan meminta siswa membaca dan mengerjakan guru membagikan 4 LKS dengan materi berbeda-beda pada masing-masing kelompok dan memberi kesempatan pada siswa untuk memilih LKS yang ingin dikerjakan (e) membentuk kelompok ahli yang beranggotakan siswa-siswa dari kelompok asal yang memiliki materi yang sama. Guru mendorong siswa untuk melakukan tutor teman sebaya agar pemahaman dan percaya diri siswa meningkat (f) menempelkan hasil diskusi di kertas karton yang telah disediakan (g) diskusi kelompok asal yaitu setiap anggota kelompok asal mempresentasikan hasil yang didapat dikelompok ahli secara bergantian. 12288 12288 12288 12288 Saran yang diberikan adalah (1) Untuk menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini diharapkan dapat mengelola waktu dengan baik. Karena siswa harus perpindahan tempat duduk sehingga memerlukan waktu. (2) Agar siswa lebih memperhatikan ketika menyampaikan pokok-pokok materi sebelum siswa berdiskusi sebaiknya menggunakan bantuan multimedia power point bagi daerah yang sudah ada listrik. Sedangkan daerah yang belum ada listrik guru bisa menggunakan bantuan media manipulatif. (3) Pada saat berdiskusi di kelompok ahli dorong siswa untuk melakukan tutor teman sebaya agar pemahaman dan percaya diri siswa meningkatkan. (4) Sekolah yang belum memiliki buku paket untuk siswa guru bisa membuat rangkuman materi atau membuat LKS yang lengkap untuk siswa sehingga dapat menghemat waktu belajar siswa. (5) Banyaknya Observer sebaiknya disesuaikan dengan jumlah kelompok yang di observasi agar pengamatan lebih intensif dan detail.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59452 |
Actions (login required)
View Item |