Muji, Muhammad Rikhfan (2015) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan link maps untuk memahamkan siswa pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kelumpang Hulu / Muhammad Rikhfan Muji. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Muji Muhammad Rikhfan. 2014. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan link maps untuk memahamkan siswa pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kelumpang Hulu. Tesis. Prodi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Subanji M.Si dan (2) Dr. rer. nat. I Made Sulandra M.Si. Kata kunci STAD Link Maps Pemahaman Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers Fungsi komposisi dan fungsi invers dipelajari oleh siswa kelas XI IPA. Berdasarkan data nilai ulangan matematika pada materi sebelumnya terdapat 64% dari 25 siswa tidak memenuhi kriteria ketuntasan. Hal ini menunjukan bahwa pemahaman matematika siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 kelumpang Hulu masih kurang. Salah satu penyebabnya adalah metode pembelajaran yang diterapkan masih kurang melibatkan siswa dan masih berpusat pada guru (teacher centred).Karakteristik siswa SMA Negeri 1 Kelumpang Hulu yang mengelompok dan suka bekerjasama merupakan potensi yang dapat dijadikan untuk menentukan strategi pembelajaran. Potensi kelompok siswa ini bisa ditingkatkan untuk mengoptimalkan pembelajaran kooperatif. Berdasarkan dari situasi dan kondisi di sekolah tersebut maka digunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Salah satu kelemahan dari pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu siswa yang berkemampuan tinggi lebih dominan. Untuk mengatasi kelemahan STAD tersebut dan semua siswa terlibat aktif digunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan link maps. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan link maps yang dapat meningkatkan pemahaman matematika siswa tentang fungsi komposisi dan fungsi invers. Penelitian ini dirancang dengan metode penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kelumpang Hulu dengan subjek penelitian terdiri dari 25 siswa. Data yang diambil meliputi (1) hasil tes untuk menguji pemahaman dan kemampuan menjawab siswa (2) hasil wawancara (3) jawaban kerja kelompok (4) aktivitas guru dan aktivitas siswa dan (6) hasil catatan lapangan. Kriteria keberhasilan siklus ditentukan dari 3 komponen berikut (1) ketuntasan klasikal kelas dikatakan tuntas jika lebih dari 80% siswa sudah tuntas dan (2) aktivitas guru dan siswa dalam kategori baik atau sampai 80. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan link maps dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers. Langkah-langkah pembelajaran tersebut yaitu (1) tes awal (2) presentasi kelas penyampaian materi secara garis oleh peneliti dan siswa melengkapi link maps (3) pembentukan kelompok heterogen dan terdiri dari 4 - 5 siswa (4) diskusi kelompok untuk menyempurnakan link maps dan jawaban LKK (5) presentasi hasil diskusi perwakilan kelompok maju ke depan untuk memaparkan link maps dan jawaban LKK (6) kesimpulan yaitu mereview dan penguatan materi pembelajaran (7) tes akhir dan (8) penghargaan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59449 |
Actions (login required)
View Item |