Wahyuni, Sri Utami (2014) Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar materi bentuk pangkat dan akar melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share di SMAN 1 Malang / Sri Utami Wahyuni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Wahyuni Sri Utami. 2014. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Materi Bentuk Pangkat dan Akar melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Bagi Siswa Kelas X-8 SMA Negeri 1 Malang. Tesis program studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Mulyati M.Pd dan (II) Dra. Santi Irawati M.Si Ph.D Kata Kunci Bentuk pangkat dan akar pembelajaran kooperatif Tipe TPS Konsep bentuk pangkat dan akar mempunyai peranan penting dalam bidang matematika maupun pada bidang studi lain dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu pemahaman terhadap bentuk pangkat dan akar perlu ditekankan pada siswa. Meskipun demikian kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap bentuk pangkat dan akar masih rendah. Siswa cenderung menghafal sifat-sifat bentuk pangkat dan akar dan kurang mendapat kesempatan untuk menemukan sendiri sifat-sifat bentuk pangkat dan akar. Karena siswa hanya menghafal maka siswa mendapat kesulitan saat menyelesaikan soal dengan menggunakan beberapa sifat sekaligus. Usaha peningkatan pemahaman bentuk pangkat dan akar dapat dilakukan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Pembelajaran TPS memberi kesempatan pada setiap siswa untuk mempelajari suatu permasalahan secara individu mendiskusikan hasil pemikirannya dengan kelompoknya (pasangannya) dan memberi kesempatan pada siswa untuk mempresentasikan hasil diskusinya. Pembelajaran TPS melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar. Kerjasama yang diterapkan dalam model pembelajaran TPS menuntut siswa untuk dapat bekerja sama dalam tim sehingga siswa dituntut untuk dapat belajar berempati menerima pendapat orang lain atau mengakui secara sportif jika pendapatnya tidak diterima. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Bentuk Pangkat dan Akar bagi Siswa Kelas X-8 SMA Negeri 1 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian pada tindakan I dan tindakan II diperoleh bahwa motivasi belajar siswa pada kategori sangat tinggi dan ketuntasan belajar klasikal adalah 85 5% siswa memperolehskor tes akhir tindakan lebih dari atau sama dengan 75. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan penelitian ini bagi peneliti lain yang berminat mengadakan penelitian serupa hendaknya melakukan pada sekolah lain sehingga akan diperoleh gambaran lebih lanjut mengenai pembelajaran kooperatif tipe TPS. 12288 12288 12288 12288
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Nov 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59448 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |