Penggunaan media potongan kayu melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk memahamkan siswa materi barisan dan deret di kelas XII IPA SMAN 11 Banjarmasin / Husnul Chatimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media potongan kayu melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk memahamkan siswa materi barisan dan deret di kelas XII IPA SMAN 11 Banjarmasin / Husnul Chatimah

Chatimah, Husnul (2014) Penggunaan media potongan kayu melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk memahamkan siswa materi barisan dan deret di kelas XII IPA SMAN 11 Banjarmasin / Husnul Chatimah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Chatimah Husnul. 2014. Penggunaan Media Potongan Kayu Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Memahamkan Siswa Materi Barisan dan Deret Di Kelas XII IPA SMAN 11 Banjarmasin. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. (2) Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si Ph.D. Kata kunci Penggunaan media potongan kayu pembelajaran koperatif tipe Think Pair Share (TPS) memahamkan siswa materi barisan dan deret. Jenis-jenis kesalahan siswa kelas XII IPA SMAN 11 Banjarmasin tentang barisan dan deret adalah (1) kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep barisan dan deret antara lain menyebutkan suku beda menulis notasi dan memilih rumus (2) rendahnya kemampuan siswa dalam melakukan prosedur penyelesaian (3) kurangnya kemampuan siswa dalam membedakan barisan dan deret aritmetika dengan barisan dan deret geometri serta (4) kurangnya kompetensi siswa dalam memahami soal yang berakibat pada kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran kooperatif tipe TPS menggunakan media potongan kayu untuk memahamkan siswa materi barisan dan deret di kelas XII IPA SMAN 11 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siklus dikatakan berhasil dan dihentikan apabila (1) berkurangnya kesalahan konsep atau kesalahan prosedur yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal kesalahan konsep atau kesalahan prosedur dapat diketahui peneliti berdasarkan hasil penelusuran melalui hasil tes akhir dan wawancara (2) pada tes akhir siklus lebih dari atau sama dengan 85% siswa di kelas memperoleh skor minimal 75. Tindakan pembelajaran yang dilakukan adalah (a) kegiatan awal (b) kegiatan inti terdiri dari tiga tahap pembelajaran kooperatif tipe TPS yaitu tahap think tahap pair dan tahap share. Dalam tahap think siswa secara individu mengerjakan soal-soal pada setiap aktifitas yang diberikan dalam LKS dengan bantuan media potongan kayu. Kemudian pada tahap pair siswa bergabung dengan pasangannya yaitu teman sebangkunya untuk berdiskusi dan bekerjasama menyelesaikan masalah-masalah yang ada di LKS dengan bantuan media potongan kayu. Pada tahap share pasangan siswa mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas (c) kegiatan akhir guru mengarahkan siswa untuk menarik kesimpulan melakukan refleksi dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan hasil tes belajar ditunjukkan oleh skor hasil belajar siswa pada siklus 1 yaitu sebesar 78 125% siswa dikelas memperoleh skor minimal 75 dan pada siklus II sebesar 93 75% siswa dikelas memperoleh skor minimal 75 dan (2) berkurangnya kesalahan konsep atau kesalahan prosedur yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pada siklus I terdapat 56 25% siswa mengalami kesalahan konsep atau salah prosedur dalam mengerjakan soal dan pada siklus II terdapat 37 25% siswa mengalami kesalahan konsep atau kesalahan prosedur dalam mengerjakan soal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Nov 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59447

Actions (login required)

View Item View Item