Agustina, Eka Nurmala Sari (2014) Penerapan pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan media foto untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa pada materi perbandingan di SMP Negeri 13 Malang / Eka Nurmala Sari Agustina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Agustina Eka N. S. 2014. Penerapan Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan Media Foto untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa pada Materi Perbandingan di SMP Negeri 13 Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. (II) Dr. Sisworo M.Si. Kata kunci Perbandingan pembelajaran penemuan terbimbing media foto kemampuan penalaran 12288 12288 12288 12288 Materi perbandingan merupakan salah satu topik matematika yang dirasakan sulit oleh siswa SMP atau siswa SMK. Berdasarkan pada hasil observasi awal pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Malang menunjukkan bahwa siswa masih mempunyai kesulitan dalam menalar masalah perbandingan. Untuk mengatasi permasalahan terkait perbandingan peneliti menerapkan pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan media foto untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan media foto yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran siswa pada materi perbandingan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di kelas VII-i SMP Negeri 13 Malang. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 17 Maret 19 April 2014. Adapun prosedur yang dilakukan peneliti pada penelitian ini yaitu (1) perencanaan (2) melaksanakan tindakan (3) mengumpulkan data dan (4) menganalisis data mengevaluasi tindakan dan melakukan refleksi. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa telah mengalami peningkatan kemampuan penalaran. Keberhasilan penelitian ini diperlihatkan dari adanya peningkatan banyak siswa yang mencapai nilai lebih dari 75 yaitu dari 22 5% siswa menjadi 80 64%. Perolehan nilai tersebut didukung dengan siswa telah memunculkan kemampuan penalarannya dalam menyelesaikan soal perbandingan yaitu (1) siswa dapat menuliskan dugaan terkait keadaan soal (2) dapat menuliskan prosedur penyelesaian soal dengan benar (3) siswa dapat menuliskan kesimpulan berdasarkan penghitungannya dan sesuai dengan yang ditanyakan soal dan (4) siswa dapat menuliskan pola yang muncul dari soal yang ada. Selain dari nilai tes akhir penelitian ini dikatakan berhasil karena aktivitas guru dalam pembelajaran telah mencapai nilai 85 212% yang termasuk pada kategori cukup baik . Keberhasilan penelitian ini diperoleh dari pembelajaran penemuan terbimbing yang dilaksanakan dengan langkah-langkah berikut. (1) Tahap pengenalan atau review. Pada tahap ini dilaksanakan kegiatan mereview materi yang telah dipelajari seperti pecahan dan kecepatan kegiatan guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan pembagian kelompok. (2) Tahap terbuka dimana siswa dihadapkan dengan media foto dan LKS yang dikerjakan dan didiskusikan secara berkelompok. (3) Tahap Konvergen yang terdiri dari kegiatan guru membimbing siswa pada saat diskusi kelompok kegiatan presentasi dan diskusi kelas dan kegiatan penggeneralisasian materi yang dipelajari. (4) Tahap penutup yang terdiri dari kegiatan siswa berlatih soal terkait materi yang dipelajari.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Oct 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59446 |
Actions (login required)
View Item |