Penerapan model Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 11 Malang / Tafsillatul Mufida Asriningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 11 Malang / Tafsillatul Mufida Asriningsih

Asriningsih, Tafsillatul Mufida (2014) Penerapan model Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 11 Malang / Tafsillatul Mufida Asriningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Asriningsih Tafsillatul Mufida. 2014. Penerapan Model Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Keefektifan Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 11 Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S M.Sc (2) Dr. Sri Mulyati M.Pd. Kata Kunci Think-Pair-Share Keefektifan Pembelajaran Matematika 12288 12288 12288 12288 Peneliti melakukan wawancara dan observasi tentang pembelajaran matematika di kelas VIII H SMPN 11 Malang. Teramati bahwa langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan adalah guru menyampaikan materi siswa mencatat penjelasan guru setelah itu siswa mengerjakan soal. Siswa biasanya ramai saat pembelajaran berlangsung sehingga guru harus terus-menerus memperingatkan siswa agar memperhatikan pembelajaran. Perilaku siswa mengakibatkan proses pembelajaran terhambat dan pembelajaran menghabiskan waktu lebih banyak daripada yang direncanakan. Menurut guru matematika hasil belajar siswa di kelas VIII H rendah. Hasil Ulangan Tengah Semester Gasal 2013/2014 pada mata pelajaran matematika menunjukkan bahwa sebanyak 46% mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal dan 54% tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. 12288 12288 12288 12288 Guru matematika di kelas VIII menyatakan bahwa siswa mengalami kesulitan mempelajari materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Kesulitan tersebut menunjukkan bahwa penguasaan siswa terhadap materi SPLDV belum maksimal. Hal ini didukung oleh rendahnya persentase penguasaan materi SPLDV pada Ujian Nasional SMP/MTs Tahun 2012/2013 di kota Malang yaitu sebanyak 65 47% (BSNP 2013). 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan kondisi pembelajaran yang telah diuraikan permasalahan di kelas VIII H adalah pembelajaran matematika tidak efektif. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu menerapkan pembelajaran Think-Pair-Share (TPS). Secara khusus penelitian ini dilaksanakan pada materi SPLDV. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII H SMPN 11 Malang sebanyak 38 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model TPS yang dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 11 Malang. 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran TPS pada materi SPLDV dikatakan efektif jika memenuhi kriteria aktivitas siswa baik kemampuan guru mengelola pembelajaran baik respon siswa positif dan hasil tes siswa baik. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran TPS pada materi SPLDV dinyatakan tidak efektif karena kriteria keefektifan pembelajaran (khususnya hasil tes) tidak terpenuhi. 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran TPS yang diterapkan sebagai berikut. Kegiatan pada tahap Think yaitu (1) guru memberikan permasalahan tentang SPLDV (berupa LKS Individu) (2) guru meminta siswa mengerjakan permasalahan dalam LKS (3) guru mendatangi siswa satu-persatu untuk memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan mengerjakan LKS Individu bantuan diberikan dengan cara mengajukan pertanyaan pancingan agar siswa dapat menemukan jawaban LKS dan (4) guru meminta siswa mengumpulkan LKS Individu. 12288 12288 12288 12288 Kegiatan pada tahap Pair yaitu (1) guru membagi siswa ke dalam pasangan-pasangan kelompok belajar setiap pasangan terdiri dari siswa dengan kemampuan yang heterogen (2) guru memberikan permasalahan tentang SPLDV (berupa LKS Kelompok) kepada setiap pasangan siswa (3) guru meminta siswa mendiskusikan LKS secara berpasangan (4) guru mendatangi setiap kelompok siswa untuk memberikan bantuan kepada kelompok yang mengalami kesulitan mengerjakan LKS Individu bantuan diberikan dengan cara mengajukan pertanyaan pancingan agar siswa dapat menemukan jawaban LKS (5) guru meminta setiap siswa menaggapi pertanyaan pasangannya dalam diskusi kelompok dan (6) guru meminta siswa mengumpulkan LKS Kelompok. 12288 12288 12288 12288 Kegiatan pada tahap Share yaitu (1) guru memilih beberapa kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya (2) guru meminta kelompok lain memberikan tanggapan terhadap jawaban yang dipresentasikan tanggapan dari kelompok lain berupa menyampaikan apakah jawaban yang dipresentasikan benar atau salah kelompok lain juga diminta menyampaikan pendapat apabila jawabannya berbeda dengan jawaban yang dipresentasikan dan (3) guru mengkonfirmasi kebenaran jawaban siswa. 12288 12288 12288 12288 Indikator yang memenuhi keefektifan pembelajaran TPS pada materi SPLDV adalah aktivitas siswa kemampuan guru mengelola pembelajaran dan respon siswa. Sedangkan indikator yang tidak memenuhi keefektifan pembelajaran adalah hasil tes siswa. Aktivitas siswa pada siklus I adalah tidak baik dan pada siklus II adalah baik. Sehingga aktivitas siswa mengalami peningkatan. Kemampuan guru mengelola pembelajaran TPS pada siklus I dan siklus II adalah baik. Respon siswa terhadap pembelajaran TPS adalah positif. Peningkatan nilai tes ditunjukkan dengan rata-rata nilai tes secara klasikal pada siklus I adalah 75 84 dan pada siklus II adalah 77 61. Persentase siswa yang mencapai KKM pada siklus I adalah 66% dan pada siklus II adalah 68%. Persentase siswa yang mencapai KKM pada kedua siklus kurang dari 80%. Sehingga hasil tes siswa adalah tidak baik. Dengan demikian pembelajaran TPS pada materi SPLDV dinyatakan belum efektif. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai pembelajaran TPS yang dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran matematika (khususnya pada kriteria hasil tes).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59445

Actions (login required)

View Item View Item