Pengembangan perangkat pembelajaran realistik materi sistem persamaan linier dua variabel untuk siswa kelas VIII / Umi Chobsah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran realistik materi sistem persamaan linier dua variabel untuk siswa kelas VIII / Umi Chobsah

Chobsah, Umi (2014) Pengembangan perangkat pembelajaran realistik materi sistem persamaan linier dua variabel untuk siswa kelas VIII / Umi Chobsah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Chobsah Umi 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Untuk Siswa Kelas VIII. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd. MA (II) Dr. Hery Susanto M. Si. Kata Kunci perangkat pembelajaran matematika sistem persamaan linier dua variabel Untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis dan sikap positif terhadap matematika perlu diperhatikan cara pengajarannya. Matematika merupakan hal yang menyenangkan mudah dipahami tidak menakutkan dan banyak kegunaannya.Hal ini dapat dirasakan melalui pembelajaran matematika realistik (Realistic Mathematic Education). Bahan ajar khususnya Lembar Kerja Siswa (LKS) yang ada selama ini kebanyakan hanya sebatas kumpulan soal-soal dan sedikit uraian materi di dalamnya. Siswa hanya terpaku pada uraian dalam LKS tanpa menganalisis suatu masalah. Hal ini kurang meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Berdasar fakta yang terjadi di MtsN Paiton untuk materi persamaan linier dua variabel siswa sudah pernah mendapatkannya di jenjang pendidikan sebelumnya namun kebanyakan siswa belum paham akan konsepnya. Hal di atas yang mendasari dikembangkannya LKS yang bercirikan Realistic Mathematic Education (RME) yang valid praktis dan efektif. Adapun langkah-langkah pembelajaran realistik tercermin dalam rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar kerja siswa meliputi (a) memulai pembelajaran dengan mengajukan permasalahan riil sesuai dengan pengalaman dan tingkat pengetahuan peserta didik (b) peserta didik mengembangkan model-model simbolik terhadap masalah yang diajukan (c) pembelajaran berlangsung secara interaktif (d) Penekanan utama bukan pada langkah-langkah prosedural tetapi lebih pada pemahaman konsep dan penyelesaian masalah dengan melibatkan masalah yang tidak rutin dan mungkin jawabannya tidak tunggal (e) Pembelajaran di desain agar materi pelajaran terkait dengan topik atau bahasan lain sehingga lebih bermakna. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Proses untuk memperoleh hasil pengembangan berdasarkan model Plomp yaitu meliputi (a) prototyping stage meliputi fase investigasi awal fase desain /perancangandan fase pengembangan/konstruksi (2) assesment stage meliputi fase implementasi/uji produk dan fase analisis evaluasi dan revisi. LKS Sistem Persamaan Linier Dua Variabel bercirikan RME divalidasi oleh tiga validator dengan skor 91 67% dan uji coba produk menunjukkan persentase skor ketelaksanaan lembar kerja siswa yang di tunjukkan dari aktivitas siswa adalah 90 00% dengan kriteria sangat baik.Data tersebut menunjukkan bahwa hasil penelitian pengembangan ini berupa rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar kerja siswa telah memenuhi kriteria valid praktis dan efektif Saran pengembangan selanjutnya adalah dikembangkannya perangkat pembelajaran bericirikan RME pada materi matematika lainnya dan juga diharapkan dapat dilaksanakan di setiap kelas MTs Negeri Paiton.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59443

Actions (login required)

View Item View Item