Wulandari, Yunita Oktavia (2014) Proses berpikir aljabar siswa berdasarkan taksonomi Marzano / Yunita Oktavia Wulandari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Wulandari Yunita Oktavia. 2014. Proses Berpikir Aljabar Siswa Berdasarkan Taksonomi Marzano. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. (2) Prof. Dr. Toto Nusantara M.Si. 12288 12288 12288 12288 Kata Kunci Proses Berpikir Aljabar Taksonomi Marzano. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Mengingat pentingnya aljabar maka sangat diharapkan siswa sekolah untuk menguasai aljabar. Di samping aljabar merupakan gerbang pembelajaran matematika lanjut aljabar juga mendukung kemampuan siswa untuk memecahkan masalah menggunakan abstraksi dan untuk mengoperasikan entitas matematika secara logis dan mandiri. Berpikir aljabar juga merupakan elemen yang pokok dan penting dari pemikiran dan penalaran matematis. Oleh karena itu penting untuk mengetahui proses berpikir aljabar siswa. Dengan mengetahui proses berpikir siswa guru dapat melacak dimana letak kesalahan siswa dan penyebab kesalahan tersebut. Hal ini berguna sebagai pertimbangan dalam membuat rancangan pembelajaran yang sesuai dengan proses berpikir siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan terhadap 6 siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Malang yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir aljabar siswa pada materi persamaan kuadrat. Data penelitian diperoleh dari respon tertulis pengerjaan instrumen aljabar dan hasil wawancara siswa. Proses berpikir aljabar subjek penelitian dianalisis berdasarkan Taksonomi Marzano yang meliputi tiga sistem yaitu sistem diri (apakah siswa terlibat dalam masalah) sistem metakognitif (bagaimana siswa memahami masalah dan membuat garis besar ide untuk menyelesaikan masalah) sistem kognitif (bagaimana pemrosesan pengetahuan siswa dalam menyelesaikan masalah yaitu level 1 retrieving knowledge level 2 comprehending knowledge level 3 analyzing knowledge level 4 using knowledge). 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini mengungkapkan bahwa masing-masing sistem dalam Taksonomi Marzano setiap subjek yaitu sistem diri sistem metakognitif dan sistem kognitif saling berkaitan. Beberapa subjek tertantang dapat membuat tujuan dan strategi penyelesaian masalah dan mampu menjalankan strateginya. Terdapat subjek yang telah melalui level 1-4 tetapi menghasilkan jawaban yang salah karena subjek tersebut gagal dalam sistem metakognitifnya. Terdapat juga subjek yang tidak tertantang dengan masalah yang ada sehingga mengakibatkan terhadap hasil penyelesaian yang salah. Ada juga subjek yang cenderung selalu menghindari penggunaan variabel dalam penyelesaian masalah. 12288 12288 12288 12288 Terdapat beberapa hambatan yang muncul saat menyelesaikan masalah aljabar yaitu subjek merasa kesulitan jika berkaitan dengan geometri dan kurangnya kemampuan membaca matematika. Oleh karena itu didapatkan salah satu implikasi penelitian ini dalam pembelajaran yaitu pentingnya merancang pembelajaran dengan membuat hubungan antara aljabar bilangan bentuk dan ruang dan konteks yang menghubungkan aljabar dengan dunia siswa sehingga mulai membentuk pembelajaran yang bermakna.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Oct 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59442 |
Actions (login required)
View Item |