Pengembangan buku kerja bahasa inggris materi eksponen bercirikan Realistic Mathematics Education (RME) untuk kelas X SMK Teknik / Sri Widowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku kerja bahasa inggris materi eksponen bercirikan Realistic Mathematics Education (RME) untuk kelas X SMK Teknik / Sri Widowati

Widowati, Sri (2013) Pengembangan buku kerja bahasa inggris materi eksponen bercirikan Realistic Mathematics Education (RME) untuk kelas X SMK Teknik / Sri Widowati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keywords Buku Kerja Eksponen Realistic Mathematics Education Sekolah Menengah Kejuruan Teknik Kurangnya beragamnya bahan ajar matematika untuk Sekolah Menengah Kejuruan Teknik memerlukan solusi berupa pengembangan bahan ajar. Adanya Sekolah Menengah Kejuruan Teknik RSBI peraturan standar isi bahan ajar matematika SMK Teknik yang diisyaratkan oleh BNSP serta kurikulumSMK yang memiliki tujuan mencetak lulusan yang siap kerja membutuhkan bahan ajar dengan karakteristik tertentu antara lain menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris menggunakan masalah kontekstual serta menggunakan pendekatan yang tidak konvensional. Pengembangan workbook dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknik dengan bahasa pengantar bahasa Inggris serta memenuhi kriteria valid praktis dan efektif diharapkan bisa menjadi salah satu alternatif dari keseluruhan permasalahan tersebut. Model pengembangan yang dipilih dalam pengembangan ini adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 fase yaitu analisis desain developmen implementasi dan evaluasi. Pada fase analisis yang dilakukan adalah menganalisis kebutuhan tujuan kurikulum dan karakteristik siswa. Pada fase desain yang dilakukan adalah menentukan jenis produk yang dikembangkan menentukan karakteristik produk yang akan dikembangkan menentukan standar kompetensi dan kompetensi dasar serta menentukan pendekatan yang dipilih. Pada fase developmen yang dilakukan adalah menyusun dan mengembangkan draft workbook kemudian melakukan validasi dengan bantuan dua orang ahli isi dan ahli RME yang sekaligus ahli bahasa. Setelah workbook dinyatakan valid oleh ahli pengembangan memasuki fase implementasi atau ujicoba untuk menentukan kepraktisan dan keefektifan produk yang telah dikembangkan. Uji coba dilakukan di kelas X Teknik Kendaraan Ringan (TKR1) SMKN 1 Glagah Banyuwangi dengan diamati oleh dua orang observer. Fase terakhir yaitu evaluasi dilakukan terus menerus dan secara langsung di setiap tahap. Hasil penelitian menunjukkan workbook of Exponent yang dikembangkan telah valid dengan skor V 773 t 3 24. Seluruh instrumen yang digunakan dalam uji coba terlebih dahulu divalidasi oleh 2 orang ahli dan 1 orang praktisi serta telah dinyatakan valid. Hasil uji coba menunjukkan workbook telah praktis dengan instrumen lembar observasi selama 4 kali pertemuan menunjukkan skor T 773 3 37. Workbook juga telah efektif ditunjukkan oleh 90 32% siswa memberikan respon positif serta 93 54% siswa telah tuntas belajar. Kesimpulan yang diperoleh adalah workbook yang dikembangkan telah valid praktis dan efektif serta memenuhi karakteristik (1) merupakan workbook berjenis membantu siswa menemukan suatu konsep (2) memenuhi 5 unsur utama sebagai workbook (3) memenuhi 5 sintaks RME dan (4) memiliki exercises yang mengandung soal-soal non kontekstual kontekstual reasoning communicating dan opend ended. Saran yang diajukan antara lain (1)workbook hasil pengembangan dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran matematika materi Eksponen di kelas X SMKN 1 Glagah Banyuwangi (2) Bagi para guru yang hendak menggunakan workbook ini sebagai bahan ajar hendaknya mempelajari terlebih dahulu dengan cermat (3) pada saat penggunaan produk disarankan agar guru tetap terus melakukan pendampingan supaya aktivitas peserta didik tetap optimal sesuai dengan yang diinginkan dalam buku kerja (workbook) (4) Produk bisa digunakan di sekolah lain yang memiliki karakteristik sama dengan SMKN 1 Glagah Banyuwangi (5) pada saat akan melakukan pengembangan lebih lanjut pada produk ini sebaiknya dikembangkan buku guru yang merupakan panduan bagi guru untuk mendampingi buku kerja siswa ini dan (6) pada saat akan melakukan pengembangan untuk materi yang lain disarankan agar dipilih masalah dari satu kejuruan tertentu agar lebih spesifik ditujukan untuk jurusan apa produk tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59436

Actions (login required)

View Item View Item