Analisis perilaku dan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika model Polya / Ria Norfika Yuliandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis perilaku dan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika model Polya / Ria Norfika Yuliandari

Yuliandari, Ria Norfika (2011) Analisis perilaku dan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika model Polya / Ria Norfika Yuliandari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Pendidikan Matematika SD Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A. (II) Dr. H. Makbul Muksar S.Pd. M.Si. Kata kunci perilaku kesalahan soal cerita matematika model Polya Soal cerita adalah salah satu permasalahan yang merupakan pendekatan pemecahan masalah. Pembelajaran soal cerita dapat digunakan sebagai cara untuk melatih siswa menyelelesaikan masalah. Dalam soal cerita siswa dituntut untuk dapat dituntut untuk dapat memahami konteks permasalahan yang diberikan membuat model matematika dari permasalahan tersebut menemukan cara penyelesaiannya dan menafsirkan kembali selesaian yang diperoleh. Namun pada kenyataannya menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang kesulitan sehingga membuat kesalahan saat menyelesaikan soal cerita. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa soal cerita lebih sulit dipecahkan daripada soal-soal yang hanya melibatkan bilangan-bilangan (Suharjo 2005 Manalu 1996 Haji 1994 Suarjana 1997 Akhmad 2000 Rudnistky Etheradge Freeman Gilbert 1995 Kennedy Eliot dan Krulee yang diungkapkan oleh Hudojo 1990). Berkenaan dengan itu timbul keinginan untuk mengetahui perilaku dan kesalahan yang dilakukan oleh siswa saat menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan pemecahan masalah model Polya. Pemecahan masalah model Polya ini mempunyai empat tahapan yaitu understanding the problem (memahami masalah) devise a plan (merencanakan penyelesaian) carry out the plan (melaksanakan rencana penyelesaian) dan look back (melihat kembali selesaian). Tahapan model Polya ini dapat digunakan untuk mengetahui perilaku dan kesalahan saat menyelesaikan soal cerita. Penelitian difokuskan pada mengidentifikasi dan mengklasifikasi kesalahan yang dilakukan siswa saat menyelesaikan soal cerita. permasalahan yang akan dicari jawabannya adalah (a) perilaku seperti apa yang ditunjukkan oleh siswa saat menyelesaikan soal cerita dan klasifikasinya (b) jenis-jenis kesalahan yang dilakukandan klasifikasinya. Selain itu juga akan di ungkap penyebab terjadinya kesalahan dan bagaimana upaya mengatasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V di SDN I Kebonsari Malang. Subyek penelitian dipilih melalui tes awal dengan variasi kesalahan dan hasil diskusi dengan guru kelas. Subyek penelitian terpilih sebanyak delapan siswa yang terdiri dari dua siswa berkemampuan tinggi dua siswa berkemampuan sedang dan empat siswa berkemampuan rendah. Perilaku jenis kesalahan dan penyebabnya didapat dari hasil tes dan wawancara. Perilaku yang ditunjukkan oleh siswa kelas V SDN I Kebonsari diklasifikasikan menjadi empat kategori antara lain DTA-Not Proficient dan DTA- Proficient. Selain itu ditemukan juga perilaku lain yang berbeda tetapi masih ada kaitannya dengan perilaku pemecahan masalah Pape yaitu DTA-Limited Context behavior translation but without explanation DTA Proficient behavior translation with limited context DTA-Not Proficient behavior translation. Sedangkan kesalahan-kesalahan yang dilakukan diklasifikasikan menjadi dua yaitu kesalahan dalam memahami soal dan kesalahan perhitungan matematis. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada guru supaya sebelum pembelajaran dimulai sebaiknya ketahui dahulu letak ksalahan yang sering dilakukan oleh siswa agar lebih menekankan pembelajaran pada letak kesalahan tersebut. Guru juga lebih banyak memberikan latihan-latihan soal terutama soal cerita untuk melatih pengalaman siswa dalam menyelesaikannya. Selain itu tahap-tahap penyelesaian masalah seperti model Polya ini sebaiknya perlu ditekankan penggunaannya karena ini akan melatih siswa untuk berfikir secara sistematis. Untuk peneliti lanjutan jika ingin menggunakan hasil penelitian ini untuk melanjutkan penelitian lain maka perlu dipertimbangkan penerapannya untuk kondisi siswa dan sekolah yang berbeda atau untuk topik matematika yang lain pada subyek yang sama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59434

Actions (login required)

View Item View Item