Pengembangan bahan ajar bentuk komik pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV sekolah dasar / Laili Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar bentuk komik pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV sekolah dasar / Laili Rahmawati

Rahmawati, Laili (2011) Pengembangan bahan ajar bentuk komik pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV sekolah dasar / Laili Rahmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika SD Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A. (II) Dr. Swasono Raharjo M.Si. Keywords Komik Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan. Salah satu upaya dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan dapat dilakukan dengan bahan ajar yang dapat mendukung siswa dalam memahami pecahan melalui media Komik. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar dalam bentuk Komik dalam rangka meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan. Pemilihan model pengembangan bahan ajar Dick dan Carey dalam penelitian ini didasarkan atas pertimbangan bahwa model ini dikembangkan secara sistematis berdasarkan landasan teoritis desain pembelajaran. Prosedur pengembangan dalam pengembangan bahan ajar ini terdiri dari empat tahapan yaitu (1) menentukan mata kuliah yang akan dikembangkan (2) mengidentifikasi silabusnya (3) mengembangkan bahan ajar dan (4) mendesain dan melakukan evaluasi formatif. Data yang telah dikumpulkan melalui serangkaian evaluasi formatif dibedakan menjadi tiga bagian yaitu (1) dua data dari evaluasi pertama berupa data hasil review ahli materi dan ahli media (2) dua data dari evaluasi tahap kedua berupa data hasil review uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil dan (3) tiga data dari hasil uji lapangan berupa data hasil review data hasil tes dan data peningkatan motivasi siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket tes dan angket motivasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Setelah dikonversikan dengan tingkat validitas ahli materi menilai bahwa bahan ajar ini termasuk dalam kriteria baik sedangkan menurut penilaian ahli media bahan ajar ini termasuk dalam kriteria sangat baik. Persentase keseluruhan angket pada uji coba kelompok kecil menunjukkan rerata 80 64% yang berarti bahwa bahan ajar berada dalam kriteria baik. Rerata persentase angket penilaian siswa terhadap bahan ajar dalam uji coba lapangan adalah 77 22%. Setelah dikonversikan dengan tabel tingkat validitas menunjukkan bahwa bahan ajar ini berada dalam kriteria baik. Setelah melalui serangkaian uji coba menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan ini layak digunakan dalam materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan motivasi belajar siswa sebelu pembelajaran dengan skor rata-rata 2 94 pada kategori motivasi sedang dan sesudah pembelajaran dengan skor rata-rata 3 99 pada kategori motivasi tinggi dimana ada kenaikan perolehan skor sebesar 1 05. Dengan demikian produk bahan ajar yang dihasilkan telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59433

Actions (login required)

View Item View Item