Penerapan strategi inquiry untuk membangun pemahaman luas permukaan balok dan kubus kelas V SDN Percobaan I Malang / Mohammad Husnan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi inquiry untuk membangun pemahaman luas permukaan balok dan kubus kelas V SDN Percobaan I Malang / Mohammad Husnan

Husnan, Mohammad (2011) Penerapan strategi inquiry untuk membangun pemahaman luas permukaan balok dan kubus kelas V SDN Percobaan I Malang / Mohammad Husnan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis tidak dipublikasikan. Program Studi Pendidikan Matematika SD Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Akbar Sutawidjaja M.Ed. Ph.D dan (II) Drs. H. Muchtar Abdul Karim M.A. Kata Kunci Luas Permukaan Balok dan Kubus Strategi Inquiry Membangun Pemahaman Pelajaran geometri mempunyai peranan yang penting dalam bidang matematika dan dalam kehidupan sehari-hari. Pelajaran tersebut diberikan mulai tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Sesuai dengan perkembangan kognitif anak SD yang berada pada tahap operasi konkret maka diperlukan alat peraga yang tepat untuk membantu membangun pemahaman siswa dalam pembelajaran geometri. Disamping penggunaan alat peraga siswa diharapkan aktif dalam seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran di kelas. Salah satu strategi untuk mengaktifkan siswa adalah dengan strategi inquiry. Strategi inquiry adalah suatu strategi yang menekankan pada proses mencari dan menemukan. Guru sebagai fasilitator berperan dalam memberikan sejumlah pertanyaan-pertanyaan kepada siswa sehingga siswa merasa terpancing untuk memahaminya. Ada enam tahap dalam strategi inquiry yaitu orientasi merumuskan masalah membuat hipotesis mengumpulkan data menguji hipotesis dan membuat kesimpulan. Dengan strategi inquiry ini siswa kelas V SDN Percobaan I Malang tahun pelajaran 2010/2011 mampu membangun pemahaman luas permukaan balok dan kubus. Penelitian ini merupakan tindakan partisipan dengan pendekatan kualitatif melalui rancangan penelitian tindakan kelas ini siswa memahami secara prosedural dan memahami secara konseptual masalah yang berkaitan dengan luas permukaan balok dan luas permukaan kubus. Disini soal dibuat bervariasi yang dimulai dengan bantuan benda konkret gambar dan soal cerita dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran untuk membangun pemahaman luas permukaan balok dan kubus (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran untuk membangun pemahaman konsep menghitung luas permukaan balok dan kubus (3) Mendeskripsikan hasil pelaksanaan pembelajaran untuk membangun pemahaman konsep menghitung luas permukaan balok dan kubus siswa kelas V SDN Percobaan I Malang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dari hasil tes akhir pada tindakan I siswa tuntas dalam belajar adalah 87 50%. Persentase aktivitas belajar siswa pada tindakan I adalah 93 50%. Pada Tindakan II hasil tes akhir tindakan siswa yang tuntas belajar adalah 92.50%. Persentase aktivitas belajar siswa pada tindakan II 94 44%. Dengan demikian diperoleh bahwa strategi inquiry dapat membangun pemahaman luas permukaan balok dan kubus siswa kelas V SDN Percobaan I Malang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59432

Actions (login required)

View Item View Item