Pengembangan pembelajaran komposisi fungsi dan fungsi invers dengan desain gagnon & collay / Rudolof P. Hinadonu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran komposisi fungsi dan fungsi invers dengan desain gagnon & collay / Rudolof P. Hinadonu

Hinadonu, Rudolof P. (2011) Pengembangan pembelajaran komposisi fungsi dan fungsi invers dengan desain gagnon & collay / Rudolof P. Hinadonu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Akbar Sutawidjaja M. Ed. Ph.D. (II) Prof. Dr. Toto Nusantara M. Si. Kata Kunci Pengembangan Pembelajaran Komposisi Fungsi dan Invers Fungsi Desain Gagnon Collay Pembelajaran komposisi fungsi dan fungsi invers di RSMABI Negeri 1 Batu pada tahun pelajaran 2009/2010 dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dan behaviorisme. Penggunaan pendekatan konstruktivisme pada materi awal yaitu konsep fungsi dan relasi. Media yang digunakan dalam pembelajaran adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dibuat oleh guru dan buku paket. Dalam pembelajaran siswa mengkonstruksi konsep fungsi dan menentukan perbedaannya dengan relasi. Pada materi lanjutan guru melaksanakan pembelajaran konvensional dengan menggunakan modul siswa dan buku paket sehingga pengalaman belajar yang telah dimiliki siswa yang berkaitan dengan mengkonstruksi pengetahuan tidak dikembangkan dan proses pembelajaran tidak sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penelitian yang dilakukan oleh Rudiyanto dan Waluyo mengenai Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Volume Benda Putar Berbasis Teknologi dengan Strategi Konstruktivisme Student Active Learning (KSAL) Berbantuan CD Interaktif Kelas XII. Model KSAL merupakan modifikasi dari Think Talk Write (TTW) dan Constructivis Leraning Design (CLD). Hasil penelitiannya adalah siswa dapat memecahkan masalahnya sendiri meningkatnya keaktifan siswa dalam mempelajari konsep volume benda putar siswa lebih mandiri dan berpikir kritis. Berdasarkan pada realita pembelajaran dan hasil penelitian di atas muncul suatu masalah yaitu bagaimana pengembangan pembelajaran komposisi fungsi dan fungsi invers dengan desain Gagnon Collay yang valid praktis dan efektif. Untuk menjawab permasalahan ini penenliti melakukan penelitian pengembagan. Model pengembangan yang digunakan adalah model Kemp yang dimodifikasi menjadi enam tahap pengembangan yaitu mengidentifikasi masalah pembelajaran dan karakteristik siswa mengkaji SK KD merumuskan indikator dan tujuan pembelajaran analisis tugas menentukan metode dan menyusun strategi pembelajaran uraian isi dan menentukan sumber belajar uji coba dan revisi. Prosedur uji coba produk dalam penelitian ini adalah uji ahli oleh tiga dosen Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana uji lapangan Tahap I di kelas XI IPA 4 dan uji coba Tahap II di kelas XI IPA 3. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pedoman wawancara tes kemampuan awal lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa tes hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria yang digunakan untuk menghasilkan produk pengembangan adalah valid praktis dan efektif. Hasil uji coba ahli adalah RPP dan LKS draft I yang disusun peneliti adalah valid. Hasil validasi RPP oleh tiga validator adalah 91 67% 83 33% dan 94 44%. Sedangkan hasil validasi LKS adalah 83 93% 75% dan 92 86%. Hasil uji coba lapangan Tahap I adalah RPP dan LKS draft II tidak praktis dan efektif. RPP dan LKS draft II belum praktis karena RPP 1 LKS 1 RPP 2 dan LKS 2 tidak praktis. RPP dan LKS draft II tidak efektif karena hanya 71 87% siswa yang memperoleh skor hasil belajar diatas 75 (KKM). Hasil uji coba lapangan Tahap II adalah RPP dan LKS draft III praktis dan efektif. RPP dan LKS draft III praktis karena semua RPP dan LKS praktis. RPP dan LKS draft III efektif karena 83 33% siswa memperoleh skor hasil belajar diatas 75 (KKM). Prosentase aktivitas guru dan siswa pada setiap tahap desain Gagnon Collay dalam pembelajaran yang menggunakan RPP dan LKS draft III adalah lebih dari 65%. RPP dan LKS draft III merupakan produk pengembangan. Produk pengembangan ini dapat dilihat pada Lampiran 16.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59429

Actions (login required)

View Item View Item