Pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk memahamkan siswa kelas X SMK Negeri 2 Bondowoso tentang bilangan berpangkat / Edy Purwanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk memahamkan siswa kelas X SMK Negeri 2 Bondowoso tentang bilangan berpangkat / Edy Purwanto

Purwanto, Edy (2011) Pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk memahamkan siswa kelas X SMK Negeri 2 Bondowoso tentang bilangan berpangkat / Edy Purwanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Akbar Sutawidjaya M.Ed. Ph.D (II) Dr. rer. nat. I Made Sulandra. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Memahamkan Bilangan Berpangkat. Pendidikan yang mampu mendukung pembangunan di masa mendatang adalah pendidikan yang mampu mengembangkan potensi siswa SMK sehingga yang bersangkutan mampu menghadapi dan memecahkan problema kehidupan yang dihadapinya khususnya di dunia kerja. Sementara pada sisi lain hasil observasi empirik di lapangan mengindikasikan bahwa sebagian besar lulusan SMK kurang mampu menyesuaikan diri dengan perubahan maupun perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sulit untuk bisa dilatih kembali dan kurang bisa mengembangkan diri (Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan 2004). Temuan tersebut tampaknya mengindikasikan bahwa pembelajaran di SMK perlu mengembangkan kemampuan adaptasi siswa di antaranya kemampuan pemecahan masalah. Selain kemampuan pemecahan masalah kemampuan penguasaan konsep berupa kemampuan kognitif juga perlu dimiliki siswa karena diharapkan dapat mendukung kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Demikian pula aspek sikap perlu dikembangkan untuk mendukung kemampuan adaptasi siswa. Berdasarkan pengalaman peneliti hasil diskusi dengan guru matematika SMK Negeri 2 Bondowoso dan hasil tes menunjukan bahwa hasil belajar siswa disekolah tersebut belum baik artinya belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) di sekolah tersebut. Oleh karena itu diperlukan usaha yang serius dalam upaya memahamkan siswa salah satunya melalui pembelajaran kooperatif model jigsaw. Tujuan penelitian adalah menghasilkan rancangan pembelajaran kooperatif model jigsaw yang dapat memahamkan siswa kelas X program tata boga SMK Negari 2 Bondowoso tentang materi bilangan berpangkat. Hasil penelitian di SMK Negeri 2 Bondowoso pada kelas X A1 menunjukan bahwa pada siklus I siswa yang tuntas dalam pembelajaran adalah 87 5% sedangkan pada siklus II adalah 90 6%. Nilai rat-rata hasil tes awal adalah 63 1 pada siklus I adalah 74 8 dan pada siklus II menjadi 80 8. Pembelajaran kooperatif model jigsaw dengan langkah-langkah pembentukan kelompok asal penyajian materi oleh guru pemberian tugas oleh guru diskusi kelompok ahli diskusi kelompok asal kuis/tes dan pemberian penghargaan kelompok dapat memahamkan siswa pada materi bilangn berpangkat

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59428

Actions (login required)

View Item View Item