Pembelajaran menurut standar National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) yang dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi luas daerah persegi panjang kelas 3 SDN Dinoyo 1 Malang / Ika Ratih Sulistiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran menurut standar National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) yang dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi luas daerah persegi panjang kelas 3 SDN Dinoyo 1 Malang / Ika Ratih Sulistiani

Sulistiani, Ika Ratih (2011) Pembelajaran menurut standar National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) yang dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi luas daerah persegi panjang kelas 3 SDN Dinoyo 1 Malang / Ika Ratih Sulistiani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Standar NCTM Luas Daerah Persegi Panjang Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah yang dihadapi siswa SD Negeri 1Dinoyo Malang yaitu masih ada diantara mereka yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep Luas Daerah persegi panjang. Dari hasil diskusi dengan guru kelas peneliti menemukan bahwa pembelajaran kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk menemukan sendiri konsep Luas Daerah persegi panjang. Masih juga dijumpai siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan persoalan sehari-hari yang memuat model aplikasi Luas Daerah persegi panjang. Oleh karena itu diperlukan usaha yang serius dalam membangun pemahaman siswa terhadap konsep Luas Daerah persegi panjang. Usaha yang dapat dilakukan guru untuk menyelesaikan persoalan ini adalah dengan menerapkan pembelajan berdasarkan standar proses NCTM. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran luas daerah persegi panjang menurut standar Proses NCTM yang dapat meningkatkan pemahaman siswa. Pelaksanaan pembelajaran berdasar standar proses NCTM menerapkan empat komponen dalam proses pembelajaran. Pertama Tugas belajar luas daerah persegi panjang melalui soal-soal dan latihan yang mengikutsertakan siswa dikaitkan dengan konteks pengalaman kehidupan nyata. Kedua Wacana belajar luas daerah persegi panjang menekankan kepada penggalian dan penemuan rumus. Kegiatan tersebut didukung oleh peran siswa dan guru dalam menciptakan diskusi kelas. Siswa harus aktif mengemukakan pendapat dan ide-idenya sedangkan guru harus mahir dalam menganalisis budaya kelas . Ketiga Lingkungan dalam kegiatan pemberian tugas dan pelaksanaannya harus tercipta suatu lingkungan belajar yang mendukung terciptanya tugas dan wacana. Keempat Analisis refleksi sistematis yang dilakukan oleh guru untuk memonitor kegiatan di kelas tentang bagaimana baiknya pemberian tugas wacana dan lingkungan yang mempercepat perkembangan matematika setiap siswa Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas 3 SD Negeri 1 Dinoyo Malang. Untuk mengetahui pemahaman siswa secara lebih mendalam dilakukan melalui tes akhir tindakan dan wawancara. Subjek wawancara adalah 5 siswa yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan tinggi 3 siswa berkemampuan sedang dan 1 siswa berkemampuan rendah. Pemilihan subjek wawancara berdasarkan skor tes dan saran guru matematika yang mengetahui latar belakang siswa yang bersangkutan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran menurut standar NCTM yang dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi luas daerah persegi panjang adalah sebagai berikut. (1) guru mengelompokkan siswa kemudian menjelaskan tugas dan tanggung jawab anggota kelompok. (2) guru menyampaikan tujuan dan indicator ketercapaian pembelajaran serta memotivasi siswa serta membangkitkan pengetahuan prasyarat siswa (3) guru membagikan LKS yang memuat soal-soal tentang penemuan rumus luas daerah persegi panjang dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Siswa bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil untuk menyelesaikan masalah yang terdapat pada LKS dan menyiapkan laporan. (4) perwakilan dari kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan membuat kesimpulan. Respon siswa terhadap pembelajaran tersebut baik yaitu siswa senang dengan diterapkan pembelajaran luas daerah persegi panjang menurut standar proses NCTM. Dari hasil penelitian presentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat 5 % dari siklus I sebesar 85 % menjadi 90 % pada siklus II. Presentase pemahaman siswa juga mengalami peningkatan dari kategori baik menjadi kategori sangat baik yaitu 73.5 % menjadi 82.5%. Guru matematika SD yang menerapkan pembelajaran luas daerah persegi panjang dengan menurut standar NCTM disarankan memperhatikan pemahaman prasyarat siswa. Guru juga harus bisa memotivasi siswa yang pasif atau kurang berani mengemukakan pendapatnya saat ditanya dan juga harus melakukan tindakan apabila terjadi hal-hal yang dapat mengganggu proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59426

Actions (login required)

View Item View Item