Nenohai, Juliana M.H. (2010) Pembelajaran perkalian bilangan bulat dengan belajar penemuan Bruner untuk memahamkan siswa kelas V SDK Mardi Wiyata II Malang / Juliana M.H. Nenohai. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Sekolah Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Akbar Sutawidjaja M.Ed. Ph.D. (II) Drs. Muchtar Abdul Karim M.A. ABSTRAK Kata kunci Belajar penemuan (Discovery Learning) Enaktif Ikonik Simbolik Perkalian bilangan bulat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa kelas V SDK Mardi Wiyata II Malang dalam memahami operasi perkalian bilangan bulat. Kekurangpahaman siswa ini terungkap dari kesulitan siswa menyelesaikan soal-soal perkalian bilangan bulat khususnya soal aplikasi. Hal ini disebabkan oleh kesulitan guru memilih alat peraga yang tepat untuk pembelajaran bilangan bulat. Akibatnya guru melaksanakan pembelajaran topik ini secara konvensional tanpa alat peraga. Selain itu penelitian tentang pembelajaran perkalian bilangan bulat juga masih jarang dilakukan. Oleh karena itu penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan desain pembelajaran berdasarkan belajar penemuan Bruner yang dapat membangun pemahaman siswa kelas V SDK Mardi Wiyata II Malang terhadap konsep perkalian bilangan bulat dan untuk mengetahui keefektifan pelaksanaan pembelajaran tersebut. Penelitian ini dilaksanakan sesuai langkah-langkah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan prosedur sebagai berikut. Kegiatan penelitian diawali dengan meran-cang pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan strategi Discovery Learning yang mengacu pada tiga tahap representasi menurut Bruner yaitu tahap enaktif ikonik dan simbolik. Langkah-langkah pembelajaran ini tertuang dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja siswa (LKS) yang dilengkapi dengan alat pera-ga manik-manik bilangan bulat. Selain itu disiapkan pula instrumen penelitian berupa lembar validasi lembar observasi aktivitas guru dan siswa tes dan pedoman wawan-cara. Semua perangkat ini divalidasi oleh tiga orang validator sebelum digunakan. Selanjutnya kegiatan pembelajaran dilaksanakan oleh peneliti sebagai guru dan diob-servasi oleh tiga orang observer. Setelah selesai pelaksanaan pembelajaran diberikan tes dan mewawancarai subjek wawancara sebanyak 4 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pembelajaran yang dihasilkan valid dan terlaksana dengan baik sehingga dapat memahamkan siswa kelas Vb SDK Mardi Wiyata II Malang. Keefektifan pelaksanaan pembelajaran tersebut ditandai oleh keberhasilan guru mengelola pembelajaran dengan rata-rata skor 95 33% dengan kategori sangat baik dan keaktifan siswa dengan rata-rata skor 89 17% dengan kate-gori sangat baik pula. Meningkatnya pemahaman siswa ditandai oleh kemampuan siswa (a) menemukan hubungan antara ide-ide yang terlihat melalui manipulasi manik-manik (tahap enaktif) maupun gambar manik-manik (ikonik) (b) menkonsep-tualisasikan ide-ide yang muncul dalam kegiatan manipulasi manik-manik (tahap ikonik) (c) menulis bentuk matematik yang tepat sesuai dengan manipulasi manik-manik (tahap simbolik) (d) menemukan pola yang menunjukkan hubungan antara masing-masing faktor maupun hasil perkalian dari bentuk-bentuk perkalian yang diberikan (tahap simbolik) dan (e) menyelesaikan soal-soal aplikasi perkalian bilangan bulat. Kemampuan-kemampuan ini terwujud dari proses penyelesaian kegiatan-kegiatan dalam LKS secara kelompok dan proses penyelesaian soal tes secara perorangan. Hasil tes akhir siklus I dan II menunjukkan bahwa persentase siswa yang mampu membuat dan membaca diagram mengalami peningkatan sebagai berikut (a) perkalian bilangan bulat positif dan negatif meningkat 42 31% (b) perka-lian bilangan bulat negatif dan positif serta perkalian dua bilangan negatif meningkat 19 23%. Sedangkan persentase siswa yang mampu menyelesaikan soal aplikasi meningkat 23 08%. Saran-saran yang direkomendasikan antara lain (a) guru kelas V SDK Mardi Wiyata II Malang agar menerapkan model pembelajaran ini dengan memperhatikan alokasi waktu yang disiapkan dan memperkenalkan alat peraga manik-manik sedini mungkin secara bertahap (b) bagi guru matematika di sekolah lain dimungkinkan untuk menerapkan model pembelajaran ini jika kondisinya relatif sama atau mirip dengan sekolah yang menjadi latar penelitian ini (c) peneliti lain dapat merancang pembelajaran perkalian bilangan bulat dengan menggunakan alat peraga yang berva-riasi untuk lebih memperkaya pemahaman siswa serta mengembangkan model pembelajaran ini untuk topik matematika lainnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Sep 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59425 |
Actions (login required)
View Item |