Implementasi strategi scaffolding sebagai upaya mebangun pemahaman konsep pecahan siswa kelas IV SD Negeri Merjosari 3 Kota Malang / Anwar Muttaqien - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi strategi scaffolding sebagai upaya mebangun pemahaman konsep pecahan siswa kelas IV SD Negeri Merjosari 3 Kota Malang / Anwar Muttaqien

Muttaqien, Anwar (2010) Implementasi strategi scaffolding sebagai upaya mebangun pemahaman konsep pecahan siswa kelas IV SD Negeri Merjosari 3 Kota Malang / Anwar Muttaqien. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muttaqien Anwar. 2010. Implementasi Strategi Scaffolding sebagai upaya Membangun Pemahaman Konsep Pecahan Siswa Kelas IV SD Negeri Merjosari 3 Kota Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika SD Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Akbar Sutawidjaja M.Ed. Ph.D. (II) Drs. H. Muchtar Abdul Karim M.A. Kata Kunci scaffolding strategi scaffolding konsep pecahan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah yang dihadapi siswa SD Negeri Merjosari 3 Kota Malang yaitu masih ada diantara mereka yang mengalami kesulitan dalam memahami arti pecahan. Dari hasil diskusi peneliti menemukan bahwa pembelajaran tidak dibantu untuk membangun sendiri konsep pecahan. Masih dijumpai siswa yang kesulitan dalam mengartikan pecahan dari gambar ke simbol pecahan. Oleh karena itu diperlukan usaha yang serius dalam membangun pemahaman siswa terhadap konsep pecahan. Usaha yang dapat dilakukan guru untuk menyelesaikan persoalan ini adalah dengan menggunakan bahan manipulatif melalui strategi scaffolding. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan strategi scaffolding yang dapat membangun pemahaman siswa terhadap konsep pecahan. Penelitian ini adalah penelitian dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas IV SD Negeri Merjosari 3 Kota Malang. Subjek wawancara adalah 4 siswa yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan tinggi 2 siswa berkemampuan sedang dan 1 siswa berkemampuan rendah. Pemilihan subjek wawancara berdasarkan skor tes awal dan saran guru matematika dengan pertimbangan siswa-siswa tersebut mudah diajak komunikasi. Pembelajaran dalam penelitian ini terbagi dalam 3 tahap pembelajaran yaitu (1) tahap awal meliputi menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran menjelaskan penggunakan bahan manipulatif dan bagaimana siswa bekerja dan menggali pengetahuan subjektif siswa (2) tahap inti meliputi guru membagikan LKS dan bahan manipulatif kepada siswa dan penerapan strategi scaffolding 1 2 dan 3 (3) tahap akhir meliputi siswa menyajikan pemahaman konsep pecahan tentang arti pecahan. Di akhir pembelajaran guru beserta siswa membuat kesimpulan dan mengecek kesesuaian dengan tujuan pembelajaran. Untuk mengetahui pemahaman siswa setelah pembelajaran dilakukan melalui tes akhir pembelajaran. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Pada Siklus I diperoleh hasil bahwa ketuntasan siswa dalam pembelajaran 53 33% dengan rata-rata 67 3. Walaupun siswa merespon pembelajaran dengan baik namun prestasi belajar mereka masih rendah. Hal ini disebabkan kurangnya kemampuan siswa untuk menjelaskan arti pecahan dan pemahaman siswa terhadap permasalahan kehidupan sehari-hari. Di samping itu efisiensi waktu yang relatif kurang terhadap kegiatan pembelajaran sehingga ada beberapa kegiatan yang tidak terlaksana dengan maksimal. Berdasarkan kekurangan yang terjadi pada Siklus I maka pembelajaran di Siklus II difokuskan pada kegiatan menjelaskan arti pecahan dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Ketuntasan siswa dalam pembelajaran pecahan pada Siklus II mencapai 96 66% dengan rata-rata 96 6. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran dengan strategi scaffolding dapat membangun pemahaman konsep pecahan siswa kelas IV SD Negeri Merjosari 3 Kota Malang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59424

Actions (login required)

View Item View Item