Pembelajaran model treffinger untuk menumbuhkan kreativitas dalam pemecahan masalah operasi hitung pecahan siswa kelas V SD Islam Bani Hasyim Singosari Malang / Ari Dwi Haryono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran model treffinger untuk menumbuhkan kreativitas dalam pemecahan masalah operasi hitung pecahan siswa kelas V SD Islam Bani Hasyim Singosari Malang / Ari Dwi Haryono

Haryono, Ari Dwi (2010) Pembelajaran model treffinger untuk menumbuhkan kreativitas dalam pemecahan masalah operasi hitung pecahan siswa kelas V SD Islam Bani Hasyim Singosari Malang / Ari Dwi Haryono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Haryono Ari Dwi. 2009. Pembelajaran Model Treffinger Untuk Menumbuhkan Kreativitas Dalam Pemecahan Masalah Operasi Hitung Pecahan Siswa Kelas V SD Islam Bani Hasyim Singosari Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Sekolah Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S. M.Sc dan (II) Dr. Subanji M.Si. Kata Kunci berpikir kreatif pemecahan masalah model Treffinger. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di SD Islam Bani Hasyim Singosari Malang pada semester genap tahun pelajaran 2008/2009. Data yang dilaporkan berasal dari asesmen melalui pengamatan wawancara dan hasil kegiatan siswa tugas siswa selama penerapan model Treffinger. Penelitian ini mengimplementasikan model Treffinger untuk menumbuhkan kreativitas siswa dalam menyelesaikan operasi hitung pecahan yang meliputi tingkat I tingkat II dan tingkat III. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran model Treffinger yang dapat menumbuhkan kreativitas dalam pemecahan masalah operasi hitung pecahan siswa kelas V SD Islam Bani Hasyim Singosari Malang dan mendeskripsikan kreativitas siswa melalui pembelajaran model Treffinger. Langkah-langkah pembelajaran model Treffinger dimulai dari tingkat I dilanjutkan tingkat II dan tingkat III. Kegiatan pembelajaran tingkat I yaitu (1) pemberian masalah terbuka (2) siswa melakukan diskusi untuk menyampaikan gagasan atau idenya (3) guru memberikan suatu masalah terbuka operasi hitung pecahan dengan jawaban lebih dari satu selesaian (4) guru memberikan lembar tugas untuk menuliskan gagasan dengan cara mendaftar sesuai kreativitas. Kegiatan pembelajaran tingkat II yaitu (1) memberikan kegiatan yang menantang (2) berdiskusi untuk bermain (3) memberikan contoh analog atau kiasan dari kata penjumlahan pengurangan perkalian dan pembagian (4) memberikan suatu cerita yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari tentang operasi hitung pecahan (5) membuat kesimpulan terhadap penyelesaian masalah operasi hitung pecahan. Kegiatan pembelajaran tingkat III yaitu (1) memberikan suatu masalah dalam kehidupan sehari-hari (2) siswa membuat cerita yang berkaitan dengan operasi hitung pecahan dan membuat pertanyaan serta penyelesaian secara mandiri (3) menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari (4) siswa menyebutkan langkah-langkah dalam menyelesaikan suatu masalah (5) memberikan suatu masalah dalam bentuk narasi dan dialog kemudian diselesaikan siswa sesuai dengan ide kreatifnya (6) pemberian reward. Pembelajaran operasi hitung pecahan dengan mengimplementasikan model Treffinger telah dapat menumbuhkan kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah operasi hitung pecahan dengan ciri-ciri sebagai berikut (1) lancar dalam menyelesaikan masalah (2) mempunyai ide jawaban lebih dari satu (3) berani mempunyai jawaban baru (3) menerapkan ide yang dibuatnya melalui diskusi dan bermain peran (4) membuat cerita dan menuliskan ide penyelesaian masalah (5) mengajukan pertanyaan sesuai dengan konteks yang dibahas yaitu operasi hitung pecahan (6) menyesuaikan diri terhadap masalah dengan mengidentifikasi masalah (7) percaya diri dengan bersedia menjawab pertanyaan (8) mempunyai rasa ingin tahu dengan bertanya (9) memberikan masukan dan terbuka terhadap pengalaman dengan bercerita (10) kesadaran dan tanggung jawab untuk menyelesaikan masalah (11) santai dalam menyelesaikan masalah (12) aman dalam menuangkan pikiran (13) mengimplementasikan soal cerita dalam kehidupannya dan mencari sendiri sumber untuk menyelesaikan masalah. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan bagi guru matematika sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan cara berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah metematik dan dapat digunakan sebagai bahan rujukan untuk merancang penelitian baru yang berkaitan tentang kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59422

Actions (login required)

View Item View Item