Pembelajaran jigsaw berbasis problem posing untuk meningkatkan keterampilan menyelesaikan soal cerita operasi hitung bilangan bulat siswa kelas V SD Islam Sabilillah Malang / Ibnu Taufiq - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran jigsaw berbasis problem posing untuk meningkatkan keterampilan menyelesaikan soal cerita operasi hitung bilangan bulat siswa kelas V SD Islam Sabilillah Malang / Ibnu Taufiq

Taufiq, Ibnu (2010) Pembelajaran jigsaw berbasis problem posing untuk meningkatkan keterampilan menyelesaikan soal cerita operasi hitung bilangan bulat siswa kelas V SD Islam Sabilillah Malang / Ibnu Taufiq. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Taufiq Ibnu 2009 Pembelajaran Jigsaw Berbasis Problem Posing untuk Meningkatkan Keterampilan Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa SD Islam Sabilillah Malang Tesis Program Studi Pendidikan Matematika-SD Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. (II) Drs. H. M. Sohibul Kahfi M. Pd. Kata Kunci Kooperatif Jigsaw problem posing soal cerita operasi hitung bilangan bulat Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung cmpuran bilangan bulat di Sekolah Dasar disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah bentuk pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih konvensional. Guru lebih banyak mendominasi kegiatan belajar mengajar. Siswa hanya mendengar memperhatikan contoh yang diberikan guru kemudian mengerjakan latihan soal. Bentuk pembelajaran seperti ini kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk mengkonstruk sendiri pengetahuannya akibatnya siswa hanya bekerja secara prosedural. Siswa tidak diberi kesempatan untuk membuat sendiri penyelesaian soal cerita operasi hitung campuran bilangan bulat sehingga apabila siswa dihadapkan pada soal cerita dalam bentuk yang lain maka siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikannya. Untuk mengatasi kesulitan siswa tersebut perlu diciptakan strategi pembelajaran yang memungkinkan siswa berpartisipasi aktif sekaligus memudahkan siswa dalam memahami masalah dalam soal cerita yaitu dengan strategi jigsaw berbasis problem posing. Pembelajaran jigsaw berbasis problem posing dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa agar aktif dan saling membantu dalam diskusi kelompok dengan cara merumuskan ulang soal cerita menjadi dua soal cerita yang lebih sederhana. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pembelajaran jigsaw berbasis problem posing yang dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung bilangan bulat Siswa kelas VC SD Islam Sabilillah Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Data penelitian diperoleh dari hasil tes hasil wawancara observasi dan catatan lapangan. Pelaksanaan pembelajaran jigsaw berbasis problem posing dilakukan dengan 3 tahap yaitu (1) kegiatan awal menyampaikan tujuan pembelajaran soal cerita memotivasi siswa menjelaskan aturan jigsaw berbasis problem posing menggali pengetahuan awal siswa tentang operasi bilangan bulat (2) kegiatan inti membentuk kelompok asal merumuskan ulang soal cerita utama menjadi dua soal cerita yang lebih sederhana membentuk kelompok ahli mencari langkah-langkah penyelesaian dua soal cerita dengan berdiskusi kembali ke kelompok asal penjelasan penyelesaian dua soal cerita kepada anggota kelompok dan presentasi kelompok (3) kegiatan akhir melakukan evaluasi dengan memberikan tes akhir yang dikerjakan secara individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung campuran bilangan bulat dengan strategi jigsaw berbasis problem posing menunjukkan adanya peningkatan dari tindakan I ke tindakan II pada (a) skor rata-rata tes akhir dari 80 67 menjadi 94 67 (b) rata-rata persentase siswa yang mendapat skor 8805 76 dari 78 34% menjadi 93 33 % (c) rata-rata skor tes akhir subyek penelitian dari 82 5 menjadi 90 (d) persentase aktivitas peneliti dari 87 5 % menjadi 95 5 % (e) persentase aktivitas belajar siswa dari 89 73 % menjadi 96 10 % (2) merumuskan ulang soal cerita utama menjadi dua soal cerita yang lebih sederhana ternyata dapat memudahkan siswa dalam memahami masalah yang ada dalam soal cerita sehingga memudahkan siswa dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung bilangan bulat (3) ternyata terjadi kerjasama yang baik dalam kelompok yang siswanya heterogen dari sisi kemampuan dalam hal (a) merumuskan ulang soal utama menjadi dua soal yang lebih sederhana (b) mencari langkah-langkah dalam menyelesaikan dua soal cerita (c) memberikan penjelasan penyelesaian soal cerita kepada anggota kelompoknya. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru matematika (1) untuk menjadikan pembelajaran jigsaw berbasis problem posing sebagai alternatif strategi pembelajaran soal cerita (2) apabila ingin menerapkan pembelajaran jigsaw berbasis problem posing terutama pada saat diskusi di kelompok ahli dan penjelelasan materi di kelompok asal agar menggunakan waktu yang lebih lama sehingga pelaksaan diskusi dan penjelasan materi dapat berlangsung dengan baik (3) dalam kegiatan pembelajaran agar sering menggunakan kegiatan belajar kelompok yang heterogen sehingga diharapkan dapat terjadi interaksi sosial antar siswa dan munculnya tutor sebaya (4) dalam pembelajaran soal cerita yang memuat beberapa operasi disarankan untuk merumuskan ulang soal cerita menjadi dua soal cerita yang lebih sederhana sehingga memudahkan siswa dalam memahami soal cerita.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59421

Actions (login required)

View Item View Item