Syam, Haerul (2010) Pendekan problem posing berlatar pembelajaran kooperatif untuk meningkatakan keefektifan pembelajaran matematika siswa kelas V SD Negeri I Sungguminasa / Haerul Syam. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Syam Haerul. 2008. Pendekatan problem posing berlatar pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran matematika. Program Studi Pendidikan Matematika Sekolah Dasar Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Cholis Sa dijah M.Pd. M.A (II) Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S. M.Sc. Kata kunci Pendekatan Problem Posing Pembelajaran Kooperatif Keefektifan Pembelajaran Matematika siswa sekolah dasar. Matematika sebagai ilmu dasar memegang peranan yang sangat penting dalam pengembangan sains dan teknologi karena matematika merupakan sarana berpikir untuk menumbuhkembangkan daya nalar cara berpikir logis sistematis dan kritis. Peranan matematika ini tidak hanya terasa dalam bidang matematika tetapi aplikasinya juga pada bidang lain. Untuk menghadapi era globalisasi terutama untuk bidang studi matematika perlu terus ditingkatkan pembelajarannnya pemerintah dan institusi pendidikan yang terkait telah melakukan upaya untuk memperbaiki mutu pendidikan di Indonesia namun keluhan tentang sulitnya belajar matematika masih banyak ditemui pada pelaksanaan pembelajaran. Kesulitan belajar matematika yang timbul tersebut tidak semata-mata karena materinya yang sulit bagi siswa tetapi juga karena cara guru mengajar. Ada beberapa model pembelajaran yang bisa diterapkan oleh guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Salah satu diantaranya adalah pendekatan problem posing. pembelajaran ini merupakan kajian penelitian ini yang diharapkan guru dapat menggunakan dalam proses pembelajaran. Problem Posing bermakna mengajukan soal atau masalah. Problem posing merupakan salah satu pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa mengembangkan kemampuan berfikir kritis dan kreatif yang diharapkan dapat membangun sikap positif siswa dan meningkatkan SDM yang berkualitas untuk menghadapi masa depan yang lebih banyak tantangannya. Pembelajaran kooperatif menekankan interaksi dan kerja sama tim. Bukan hanya satu orang anggota kelompok yang dianggap pandai saja yang menyelesaikan tugas sementara anggota lain diam menunggu atau siswa duduk secara berkelompok tetapi masing-masing mengerjakan tugas secara individu. Dalam pembelajaran kooperatif siswa akan terlatih untuk mendengarkan pendapat-pendapat orang lain dan merangkum pendapat-pendapat tersebut dalam bentuk tulisan. Tugas-tugas kelompok akan memacu siswa untuk bekerja sama saling membantu dalam mengintegrasikan pengetahuan-pengetahuan baru dengan pengetahuan yang telah dimiliki. Pada pembelajaran pendekatan problem posing berlatar pembelajaran kooperatif siswa diberi kesempatan untuk mengajukan permasalahan dan menyelesaikannya berdasarkan situasi yang diberikan kemudian dikerjakan secara bersama-sama sehingga diharapkan kreativitas siswa dapat berkembang. Pendekatan problem posing juga dapat membangkitkan nalar siswa sehingga siswa kreatif dan akhirnya diharapkan siswa dapat berpikir logis dan kritis. Penelitian ini mengkaji sebagai berikut (1) Langkah-langkah apakah yang dilakukan untuk pembelajaran dengan pendekatan problem posing berlatar pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran matematika (2) Apakah pembelajaran dengan pendekatan problem posing berlatar pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran matematika Untuk menjawab masalah ini penelitian ini dirancang dengan rancangan penelitian tindakan kelas serta dilaksanakan di kelas V SD Negeri I Sungguminasa Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan perangkat pembelajaran yaitu Rencana pelaksanaan pembelajaran Buku siswa lembar kerja siswa dan instrumen pengumpulan data yaitu lembaran observasi angket hasil tes belajar siswa. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) penerapan langkah-langkah pendekatan problem posing dalam pembelajaran matematika dapat membantu siswa memahami materi bangun ruang. Hal ini dapat dilihat pada Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I yaitu 62 5% dan pada siklus II yaitu 90% dimana mengalami peningkatan sebesar 27 5%. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I sebesar 2 1 dan pada siklus II sebesar 3 4 juga mengalami peningkatan sebesar 1 3. Aktivitas siswa mencapai toleransi keefektifan. Respon siswa terhadap pemeblajaran adalah positif. Hasil penelitian siklus I dan siklus II ketuntasan hasil belajar mengalami peningkatan kemampuan guru mengelola pembelajaran mengalami peningkatan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran termasuk dalam kategori efektif respon siswa terhadap pembelajaran adalah positip maka pendekatan problem posing berlatar pembelajaran kooperatif efektif digunakan pada pembelajaran matematika. Berdasarkan temuan penelitian ini diberikan beberapa saran sebagai berikut (1) Hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran dengan pendekatan problem posing berlatar pembelajaran kooperatif terjadi peningkatan pada (a) kemampuan guru mengelola pembelajaran (b) aktivitas siswa (c) ketuntasan hasil belajar sehingga pembelajaran ini dapat dipertimbangkan sebagai suatu alternatif untuk diterapkan dalam proses pembelajaran matematika untuk siswa SD. (2) Guru-guru sekolah dasar dalam melaksanakan pembelajaran pendekatan hendaknya mengoptimalkan potensi-potensi alamiah siswa seperti rasa ingin tahu kerjasama kemampuan berkomunikasi dan sebagainya yang belum pernah melaksanakan pembelajaran pendekatan problem posing hendaknya menambah wawasan berkaitan dengan pembelajaran problem posing. (3) Hasil penelitian sebagai bahan pertimbangan kepada para peneliti yang akan mengadakan penelitian lebih lanjut mengenai problem posing.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59418 |
Actions (login required)
View Item |