Meningkatkan kemampuan estimasi pada penjumlahan bilangan cacah melalui pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas V SD / Nasrun - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kemampuan estimasi pada penjumlahan bilangan cacah melalui pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas V SD / Nasrun

Nasrun (2009) Meningkatkan kemampuan estimasi pada penjumlahan bilangan cacah melalui pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas V SD / Nasrun. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Pentinganya matematika dalam berbagai aspek kehidupan menuntut pembelajaran matematika yang lebih baik dan sesuai dengan dunia nyata. Berkenaan dengan perhitungan menaksir (estimasi) lebih sering digunakan dibanding dengan perhitungan tepat. Walaupun menaksir (estimasi) dalam pemakaiannya namun menaksir (estimasi) belum tertera dengan jelas dalam kurikulum matematika sekolah dasar. Oleh karena itu guru juga masih belum optimal dalam memperkenalkan pada siswa secara eksplisit dalam kegiatan pembelajaran matematika. Dari hasil studi penjajakan diperoleh bahwa sebagaian besar siswa belum dapat menaksir (estimasi) dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan menaksir (estimasi) siswa sebelum mengikuti pembelajaran (2) Mendeskripsikan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan siswa dalam menaksir (estimasi) penjumlahan hasil operasi penjumlahan bilangan cacah (3) Secara pragmatis peneliti menerapkan Pembelajaran berbasis masalah dalam menaksir (estimasi) di sekolah dasar yang masih belum optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Data penelitian diperoleh dari hasil tes pengamatan dan wawancara dengan subjek penelitian. Adapun sumber data adalah siswa kelas V SD Negeri Sumbersari III Malang dengan subjek penelitian 3 orang siswa yang penentuannya didasarkan pada (a) kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal menaksir (estimasi) penjumlahan bilangan cacah (b) atas pertimbangan guru yang diwawancarai berdasarkan tingkat kemampuan tinggi sedang dan rendah (c) keterbatasan waktu penelitian karena mendekati ujian semester. Teknik analisis data dilakukan melalui dua tindakan (1) Pembelajaran menaksir (estimasi) rentang (range) dan pembulatan (rounding) pada penjumlahan bilangan cacah (2) Pembelajaran menaksir (estimasi) muka-akhir (front-end) dan pembulatan (rounding) pada penjumlahan bilangan cacah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa belum memiliki strategi strategi tertentu untuk menaksir (estimasi). Kesulitan yang dialami siswa dalam menaksir (estimasi) antara lain adalah masih terkait dengan algoritma belum bisa memilih angka yang lebih mudah diingat dan belum bisa menentukan angka terdekat dari suatu angka acuan yang dikehendaki serta siswa belum bisa mendeteksi kesalahan dari suatu perhitungan. Kemampuan menaksir (estimasi) dapat meningkat dengan mengarahkan siwa untuk memahami masalah serta memberi alasan setiap kali mereka menaksir (estimasi). Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru matematika SD agar menaksir (estimasi) diperkenalkan lebih banyak dalam setiap kesempatan yang ada bahkan sangat penting untuk mendeteksi atau mengecek apakah hasil pekerjaan yang diperoleh itu sudah tepat. Untuk meningkatkan kemampuan menaksir (estimasi) salah satu alternative yang dapat dilakukan mengarahkan siswa untuk menemukan pendekatan/strategi lain yang lebih khusus.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59417

Actions (login required)

View Item View Item