Pembelajaran dengan open ended untuk meningkatkan pemahaman keliling dan luas persegi panjang pada siswa kelas III SDN 1 Bukit Tunggal Kota Palangka Raya / Halimah Jumiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran dengan open ended untuk meningkatkan pemahaman keliling dan luas persegi panjang pada siswa kelas III SDN 1 Bukit Tunggal Kota Palangka Raya / Halimah Jumiati

Jumiati, Halimah (2009) Pembelajaran dengan open ended untuk meningkatkan pemahaman keliling dan luas persegi panjang pada siswa kelas III SDN 1 Bukit Tunggal Kota Palangka Raya / Halimah Jumiati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi angket siswa melalui wawancara kepada guru dan siswa menunjukkan siswa mengalami kesulitan memahami materi keliling dan luas persegi panjang dengan benar. Disebabkan pembelajaran masih konvensional berpusat pada guru. Guru membuat soal hanya meminta jawaban tunggal dan alat manipulasi kurang tepat. Padahal membelajarkan matematika menekankan pada pengkonstruksian pengalaman. Agar siswa memiliki kemampuan dasar dapat memecahkan masalah. Sebagai salah satu alternatif pembelajaran keliling dan luas persegi panjang dengan open ended melalui LKS dengan solusi jawaban tidak tunggal atau banyak jawaban yang benar. Siswa dilatih berpikir kritis dan kreatif. Maka perlu penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian (1) Mendeskripsikan pembelajaran dengan open ended untuk meningkatkan pemahaman keliling dan luas persegi panjang.(2) Respons siswa terhadap pembelajaran dengan open ended. Pelaksanaan pembelajaran dengan open ended yang dilakukan peneliti untuk mengkonstruksi pemahaman siswa yaitu (1) Mengajukan LKS permasalahan terbuka dan alat manipulasi (2) Mengatur pembelajaran dengan diskusi kelompok/ klasikal membantu pemerosesan pemahaman siswa. Siswa dilatih berpikir kritis dan kreatitif. (3) Mencatat respons siswa menyakut aktivitas interaksi sosial selama pembelajaran berlangsung (4) Membuat ringkasan pelajaran. Keempat langkah tersebut dituangkan dalam RPP sebagai acuan pelaksanaan pembelajaran ada 3 tahapan yaitu Tahap awal mempersiapkan siswa mengikuti pembelajaran dengan membentuk kelompok. Tahap inti membantu pemahaman siswa melalui LKS kelompok dan praktek langsung. Pada siklus I siswa membuat persegi panjang dari karet tali dan persegi satuan. Pada siklus II siswa membuat persegi panjang dengan menyusun beberapa batang sedotan beberapa persegi satuan. ditujukkan untuk memahami keliling. Untuk memahami luas persegi panjang. Siswa menyusun beberapa persegi hingga menutupi persegipanjang hanya satu siklus. Jawaban LKS kelompok merupakan kesepakatan. Melalui diskusi klasikal saling memperkuat pemahamanan. Tahap akhir mengadakan evaluasi dengan mengajukkan permasalahan terbuka untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran. Respon siswa sangat diperlukan oleh peneliti. Ditujukan untuk menjaring data yang akurat mengenai aktivitas siswa. Peneliti memotivasi siswa selama mengikuti pembelajaran diamati oleh 2 pengamat. Intervensi penelitian melibatkan aktivitas siswa melalui LKS kelompok dan berdiskusi mempraktikkan membentuk persegi panjang disertai diskusi klasikal membantu pemahaman siswa. Sehingga siswa dapat memahami menemukan rumusan keliling dan luas. Data hasil observasi angket siswa dan wawancara diolah dengan perolehan (a)Hasil LKS individu pemahaman siswa meningkat terhadap keliling persegi panjang. Siklus I keberhasilan hanya 70 % dari seluruh siswa nilai rata rata 7 4 belum berhasil. Siklus II pemahaman siswa meningkat terhadap keliling persegi panjang keberhasilan 100% dari seluruh siswa nilai rata rata 9 4. Pemahaman siswa terhadap luas persegi panjang semakin meningkat. keberhasilan 99 % dari keseluruhan siswa nilai rata-rata 9 8. (b) Hasil observasi penelitian menunjukkan siswa menjadi berpengalaman dan mengerti setelah mengikuti pembelajaran pada katagori sangat baik serta aktivitas peneliti dalam pembelajaran pada kategori baik.(c) Hasil angket menunjukkan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran dengan open ended meningkatkan pemahaman keliling dan luas persegi panjang adalah positif. Siswa merasa aman diterima dalam kelompok termotivasi dalam belajar. (d) Hasil wawancara setiap selesai pembelajaran. Siswa menyatakan merasa senang. Dalam menjawaban LKS yang tadinya ragu ragu menjadi tidak ragu ragu semakin yakin dengan hasil kerjanya. Kesimpulan penelitian menunjukkan pembelajaran dengan open ended didukung respon siswa.Telah dilaksanakan dengan baik dan berhasil. Sebagai saran pembelajaran matematika dengan Open Ended meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi perlu alat manipulasi yang tepat dan diskusi kelompok disertai diskusi klasikal dapat dipergunakan dalam penelitian tindakan kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59414

Actions (login required)

View Item View Item