Pembelajaran matematika pada pokok bahasan trapesium dan layang-layang menggunakan pendekatan open-ended pada siswa sekolah dasar / Samuel Iggo Leton - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran matematika pada pokok bahasan trapesium dan layang-layang menggunakan pendekatan open-ended pada siswa sekolah dasar / Samuel Iggo Leton

Leton, Samuel Iggo (2010) Pembelajaran matematika pada pokok bahasan trapesium dan layang-layang menggunakan pendekatan open-ended pada siswa sekolah dasar / Samuel Iggo Leton. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Iggo Samuel Leton. 2008. Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Trapesium Dengan Menggunakan Pendekatan Open-Ended. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Sekolah Dasar Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S. M.Sc. (II) Dr. Cholis Sa dijah M.Pd. M.A.. Kata kunci Langkah-langkah pendekatan Open-ended trapesium dan layang-layang siswa sekolah dasar. Pemerintah telah banyak melakukan upaya untuk memperbaiki mutu pendidikan di Indonesia. Namun keluhan tentang kesulitan belajar masih banyak dijumpai. Khususnya pada mata pelajaran matematika yang kebanyakan orang atau siswa menyebutnya sebagai momok. Kesulitan belajar yang timbul tersebut tidak semata-mata karena tingkat kesulitan materi bagi siswa tetapi juga karena cara penyampaian materi oleh guru. Ada berbagai model pembelajaran yang bisa diterapkan oleh guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Guru diharapkan dapat memilih salah satu model pembelajaran yang juga merupakan fokus kajian penelitian ini adalah open-ended. Pendekatan Open-ended merupakan suatu metode yang dapat memberi keleluasan kepada siswa untuk berpikir secara aktif dan kreatif dalam menyelesaikan suatu permasalahan sehingga bermanfaat untuk meningkatkan cara berpikir siswa . Dalam pendekatan ini siswa dihadapkan pada permasalahan yang selesaiannya tidak perlu hanya satu sehingga diharapkan kreativitas siswa dapat berkembang. Pendekatan Open-ended juga dapat membangkitkan nalar siswa sehingga siswa kreatif dan akhirnya diharapkan siswa dapat berpikir logis dan kritis. Penelitian ini mengkaji sebagai berikut. (1) bagaimana menerapkan langkah-langkah penerapan pendekatan open-ended dalam pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan kemampuan siswa memahami materi trapesium dan layang-layang (2) Apakah pendekatan open-ended dalam pembelajaran matematika efektif digunakan untuk mengajarkan materi trapesium dan layang-layang Untuk menjawab masalah ini penelitian ini dirancang dengan rancangan penelitian tindakan kelas serta dilaksanakan di siswa kelas V SDK Don Bosco IV Kota Madya Kupang. Penelitian ini menggunakan lembaran observasi angket hasil tes belajar siswa dan catatan harian sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) penerapan langkah-langkah pendekatan open-ended dalam pembelajaran matematika dapat membantu siswa memahami materi trapesium dan layang-layang. Hal ini dapat dilihat pada rata-rata hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Pada siklus I rata-rata hasil yang dicapai yaitu 6 43. Pada siklus II rata-rata hasil belajar yang dicapai yaitu 7 12 dimana mengalami peningkatan sebesar 0 69. Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I yaitu 62 5% dan pada siklus II yaitu 87 5% dimana mengalami peningkatan sebesar 25%. Rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I sebesar 2 65 dan pada siklus II sebesar 3 35 juga mengalami peningkatan sebesar 0 7. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus sebesar 2 3 dan pada siklus II sebesar 3 41 dimana juga mengalami peningkatan. Dari siklus I ke siklus II sebesar 1 21. (2) Karena kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran aktivitas siswa dalam proses pembelajaran termasuk dalam kategori efektif respon siswa terhadap pembelajaran adalah positip dan ketuntasan secara klasikal tercapai maka pendekatan open-ended efektif digunakan untuk mengajarkan materi trapesium dan layang. Berdasarkan temuan penelitian ini diberikan beberapa saran sebagai berikut (1) siswa hendaknya mempelajari luas bangun datar khususnya trapesium dan layang-layang menggunakan temuan siswa sendiri dengan berbagai cara atau metode dalam memanipulasi alat peraga. (2) Kegiatan pembelajaran hendaknya mendukung siswa untuk aktif membangun pengetahuannya. (3) Guru hendaknya menciptakan suasana pembelajaran matematika yang menyenangkan dialogis dan demokratis. Pembelajaran matematika dengan menerapkan langkah-langkah pendekatan open-ended dapat menjadi alternatif untuk menciptakan pembelajaran matematika yang menyenangkan dialogis dan demokratis. (4) Guru perlu menjaga alokasi waktu dalam melaksanakan tahap-tahap pembelajaran dengan menerapkan langkah-langkah pendekatan open-ended agar pembelajaran yang dilaksanakan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59413

Actions (login required)

View Item View Item