Rahmawati, Rizka (2015) Penerapan pendekatan quantum teaching sebagai upaya meningkatkan pembelajaran tema cita-citaku di kelas IV SD Muhammadiyah 1 Babat / Rizka Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rahmawati Rizka. 2015. Penerapan Pendekatan Quantum Teaching sebagai upaya Meningkatkan Pembelajaran Tema Cita-Citaku Di Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Babat. Skripsi Program Studi SI PGSD Jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Heru Agus Tri Widjaja M.Pd (2) Drs. Dimyati S.Pd. M.Pd Kata kunci Pembelajaran Tema Cita-Citaku Pendekatan Quantum Teaching. Berdasarkan hasil observasi di kelas IV ditemukan bahwa peran guru lebih mendominasi dibandingkan dengan siswa keterlibatan siswa pada pembelajaran masih rendah guru kurang memperhatikan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan perbaikan dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Quantum Teaching. Dengan pendekatan Quantum Teaching siswa lebih terlibat aktif memperoleh pengetahuan dengan suasana yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Quantum Teaching pada pembelajaran tema cita-citaku aktivitas siswa selama penerapan pendekatan Quantum Teaching hasil belajar tema cita-citaku siswa dengan menggunakan pendekatan Quantum Teaching. Penelitian ini menggunakan pendekatandeskriptif kualitatif yang dilaksanakan 2 siklus tiap siklus terdiri dari 4 tahapan meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas dengan model siklus dari Kemmis Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dokumentasi dan tes. Subjek penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 16 laki-laki dan 15 perempuan.. Hasil penerapan pendekatan Quantum Teaching dalam pembelajaran tema cita-citaku sebagai dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini terbukti dengan meningkatnya pembelajaran sebagai berikut (1) Aktivitas guru dalam menerapkan pendekatan Quantum Teachingtelah terlaksana dengan baik (2)Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan siklus I sebesar 77 8% meningkat menjadi 83 15% pada siklus II(3) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan penurunan nilai rata-rata siswa pada tahap pratindakan mencapai 70 17 dengan persentase ketuntasan klasikal 48 39%. Pada siklus I hasil belajar siswa menurun menjadi 70 08 dengan persentase ketuntasan klasikal 46 77% kemudian meningkat pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 78 15 dengan persentase ketuntasan klasikal 66 13%. Disarankan bagi guru agar dalam pelaksanaan pembelajaran perlulah adanya pengelolaan waktu oleh guru dengan cara mengajak siswa menyepakati waktu selain itu pengorganisasian siswa juga perlu ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/5938 |
Actions (login required)
View Item |