Ruziqoh, Yumna Ana (2015) Peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui model problem based learning di kelas IV A SDN Kademangan 5 Kabupaten Blitar / Yumina Ana Ruziqoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ruziqoh Yumna Ana. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Melalui Model Problem Based Learning Di Kelas IVA SDN Kademangan 5 Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Sri Murdiyah M.Pd (2) Dra. Yuliwidiarti S.Pd. Kata Kunci hasil belajar IPS problem based learning Berdasarkan observasi yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN Kademangan 5 Kabupaten Blitar diperoleh data bahwa (1) dalam pembelajaran masih berpusat pada guru (2) model yang digunakan guru adalah model pembelajaran klasikal (3) belum ada kegiatan diskusi atau kelompok (4) belum ada pemberian contoh permasalahan dalam kehidupan sehari-hari (5) penggunaan metode model dan media yang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran belum nampak (6) siswa kurang konsentrasi dan motivasi pada saat pembelajaran (7) hasil belajar siswa tergolong rendah yaitu mencapai ketuntasan belajar sebesar 34%.Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran IPS pada siswa kelas IVA di SDN Kademangan 5 Kabupaten Blitar dan (2) untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS melalui model Problem Based Learning di kelas IVA di SDN Kademangan 5 Kabupaten Blitar. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Pada penelitian ini dilaksanakan dua siklus satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Adapun tahap-tahap yang dilakukan pada penelitian ini ada 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dokumentasi dan tes. Analisis data diawali dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model Problem Based Learning di kelas IVA SDN Kademangan 5 telah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 77 5% dan meningkat menjadi 95 5% pada siklus II. Selain itu hasil belajar siswa juga meningkat. Hal ini dapat dilihat pada rekapitulasi hasil belajar siswa pada pratindakan yaitu 34% atau 10 siswa yang berhasil mencapai KKM kemudian meningkat pada siklus I yaitu 46% atau 13 siswa yang berhasil mencapai KKM dan meningkat pada siklus II menjadi 81% atau 24 siswa yang berhasil mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IVA SDN Kademangan 5. Dengan demikian disarankan hendaknya guru menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning agar aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/5930 |
Actions (login required)
View Item |