Pengembangan multimedia Maze berbantuan papan interaktif untuk anak usia dini / Ahmad Fakhruddin Ash Shiddiqi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia Maze berbantuan papan interaktif untuk anak usia dini / Ahmad Fakhruddin Ash Shiddiqi

Shiddiqi, Ahmad Fakhruddin Ash (2015) Pengembangan multimedia Maze berbantuan papan interaktif untuk anak usia dini / Ahmad Fakhruddin Ash Shiddiqi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fakhruddin Ahmad. 2015. Pengembangan Multimedia Maze Berbantuan Papan Interaktif untuk Anak Usia Dini. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sihkabuden M.Pd. (II) Eka Pramono Adi S.IP M.Si. Kata Kunci Pengembangan Multimedia maze papan interaktif anak usia dini Multimedia adalah kombinasi dari sedikitnya 2 input dan output dari data. Media ini berupa audio animasi video teks grafik dan gambar. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa multimedia adalah media pembelajaran yang membutuhkan sebuah program (software) dan komputer (hardware) untuk menjalankan media tersebut. Multimedia juga merupakan media yang melibatkan seluruh indera dari orang yang akan belajar dalam proses belajar dan pembelajaran. Supaya multimedia ini menjadi lebih interaktif dan inovatif maka multimedia ini dikembangkan menjadi berbantuan papan interaktif. Papan interaktif yang terdiri dari komputer yang dihubugkan dengan proyektor dan papan layar sentuh besar yang bisa menampilkan gambar yang d proyeksikan dari komputer.jadi produk multimedia maze yang dikembangkan dapat dimainkan langsung di papan layar sentuh sehingga kegiatan menjadi lebih interaktif dan menyanangkan. Tujuan dari pengembangan ini untuk menghasilkan suatu produk multimedia maze berbantuan papan interaktif yang layak dan valid sebagai multimedia interaktif untuk anak usia dini pada indikator perkembangan kognitif anak. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall langkah-langkah pengembangan yaitu (1)Research and information collecting (2) Planning (Perencanaan penelitian) (3) Development Primary From of Product (Pengembangan utama produk) (4) Preliminary Field Tes (Uji lapangan terbatas) (5) Main Product Revision (Revisi hasil uji lapangan terbatas) (6) Main Field Testing (Uji lapangan lebih luas) (7) Operational Product Revision (Revisi hasil uji lapangan lebih luas). Subjek penelitian dalam pengembangan ini adalah siswa TK-B di TK PGRI Kalikejambon Tembelang Jombang. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif (instrumen ahli media ahli materi dan siswa). Multimedia maze berbantuan papan interaktif divalidasi oleh seorang ahli media seorang ahli materi dan diujicobakan kepada 20 siswa. Berdasarkan hasil angket ahli media diperoleh total persentase 93 75% hasil angket ahli materi diperoleh total persentase 92 5% dari ujicoba lapangan didapat kesimpulan bahwa dari segi kemenarikan dan keefektifan media sudah terpenuhi tapi dari ebi keefisienan poin keamanan media kemudahan penggunaan media belum terpenuhi karena ada 2 anak yang sering menutupi sensor les infrared saat memegang pena dan pada poin kelancaran penggunaan alat juga belum terpenuhi karena ada 1 anak yang kesusahan dalam menggunakan pena les infrared. Hal ini menunjukkan bahwa multimedia maze berbantuan papan interaktif ini dinyatakan valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Disarankan untuk pengembang selanjutnya supaya bisa mengembangkan multimedia berbantuan papan interaktif ini Leni baik lagi dari segi kemenarikan kefektifitasan dan keefisiensian sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/593

Actions (login required)

View Item View Item