Peningkatan hasil belajar IPS melalui model Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas IV B SDN Blitar Kota Blitar / Mery Fitriastutik - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS melalui model Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas IV B SDN Blitar Kota Blitar / Mery Fitriastutik

Fitriastutik, Mery (2015) Peningkatan hasil belajar IPS melalui model Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas IV B SDN Blitar Kota Blitar / Mery Fitriastutik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fitriastutik Mery. 2015. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Student Team Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas IV B SDN Blitar Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Alif Mudiono M. Pd (2) Drs. Roechani S. Pd. Kata Kunci peningkatan hasil belajar model STAD Proses pembelajaran IPS di SDN Blitar Kota Blitar diketahui bahwa guru kelas IV B SDN Blitar Kota Blitar dalam mengajar IPS pada tahap pratindakan masih menggunakan metode ceramah tanya jawab dan penugasan. Guru kurang dapat mengelola kelas dengan baik sehingga banyak siswa yang berbicara dan bermain sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV B SDN Blitar Kota Blitar melalui model STAD. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Prosedur pelaksanaan penelitian ini yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penerapan model STAD pada materi perkembangan teknologi produksi dan komunikasi pada siswa kelas IV B SDN Blitar Kota Blitar sudah sesuai dengan langkah-langkah pada model STAD. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan ini di tunjukkan pada tahap pratindakan persentase ketuntasan aktivitas guru sebesar 40% dan rata-rata hasil belajar siswa yaitu 52 63 dengan ketuntasan klasikal sebesar 19 44%. Pada tahap siklus I persentase ketuntasan aktivitas guru sebesar 71 5% dan rata-rata nilai akhir siswa yaitu 65 34 dengan ketuntasan klasikal sebesar 34 72%. Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) di kelas IV B telah ditentukan sebesar 75% dari jumlah seluruh siswa di kelas karena pada siklus I persentase ketuntasan belum mencapai KBK yang ditentukan penelitian dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II persentase ketuntasan aktivitas guru sebesar 84 5% dan rata-rata nilai akhir siswa yaitu 83 44 dengan persentase ketuntasan sebesar 98 61%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS dengan materi perkembangan teknologi produksi dan komunikasi. Oleh karena itu disarankan bagi para guru untuk menerapkan model STAD pada pelajaran IPS agar hasil belajar siswa di SDN Blitar Kota Blitar lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5929

Actions (login required)

View Item View Item