Implementasi pendekatan saintefik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IVA SDN Madyopuro 5 Malang / Ismawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pendekatan saintefik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IVA SDN Madyopuro 5 Malang / Ismawati

Ismawati (2015) Implementasi pendekatan saintefik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IVA SDN Madyopuro 5 Malang / Ismawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ismawati. 2015. Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IVA SDN Madyopuro 5 Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd (II) Drs. Sutrisno S.Pd M.Pd. Kata kunci pendekatan saintifik pembelajaran tematik terpadu kelas IVA SD Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan saintifik (2) pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik terpadu (3) penilaian pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan saintifik (4) penguasaan kompetensi peserta didik setelah mengimplementasikan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik terpadu dan (5) masalah-masalah yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IVA SDN Madyopuro 5 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif studi kasus. Peneliti bertindak sebagai instrumen kunci. Subjek penelitiannya yaitu guru kelas IVA di SDN Madyopuro 5 Malang. Pengumpulan datanya melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Kegiatan analisis data meliputi reduksi data penyajian data dan verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan melalui perpanjangan pengamatan triangulasi teknik menggunakan bahan referensi dan mengadakan member check. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan yaitu pra-lapangan pekerjaan lapangan dan penyusunan laporan. Hasil penelitian menunjukkan (1) beberapa komponen pendekatan saintifik direncanakan dalam RPP tetapi belum dikembangkan secara optimal (2) pendekatan saintifik yang direncanakan belum semuanya terlaksana secara optimal dalam pembelajaran (3) penilaian pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan saintifik meliputi kompetensi sikap pengetahuan dan keterampilan (4) sebagian besar peserta didik nilainya 8805 baik (B) pada sikap cinta lingkungan dan menghargai seluruh peserta didik nilainya 8805 2 66 pada pengetahuan mata angin sebagian besar peserta didik nilainya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5927

Actions (login required)

View Item View Item