Analisis kesalahan penulisan huruf tegak bersambung pada karangan siswa kelas II SDN Lesanpuro 3 Kota Malang / Dita Rara Anggraini

Anggraini, Dita Rara (2015) Analisis kesalahan penulisan huruf tegak bersambung pada karangan siswa kelas II SDN Lesanpuro 3 Kota Malang / Dita Rara Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anggraini, DitaRara.2015.Analisis Kesalahan Penulisan Huruf Tegak Bersambung dalam Karangan Siswa Kelas II SDN Lesanpuro 3 Kota Malang. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah. Pembimbing: (1) Drs. Sjafruddin A.Rahman.,S. Pd, M.Pd,(2) Drs.Achmad Taufiq, M.Pd. Kata Kunci : Analisis kesalahan, tulisan tegak bersambung, karangan,SD Berdasarkan observasi di kelas II B SDN Lesanpuro 3 Kota Malang, ditemukan kesalahan-kesalahan dalam menulis huruf tegak bersambung, diantaranya dilihat dari aspek bentuk huruf, kerapian tulisan dan kejelasan tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apa dan bagaimana bentuk kesalahan dalam menulis huruf tegak bersambung berdasarkan aspek bentuk huruf, kerapian tulisan, kejelasan tulisan, dan faktor penyebabnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II B SDN Lesanpuro 3 Kota Malang yang berjumlah 34 siswa dan 1 orang guru kelas II B. Teknik yang digunakan yakni teknik angket, wawancara,dokumentasi berupa lembar tugas tulisan tegak bersambung siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 100% siswa dengan jumlah 34 siswa mengalami kesalahan dalam tulisan tegak bersambungnya. Jumlah seluruh kesalahan yang terjadi sebanyak 3807 kesalahan. Kesalahan yang terjadi yakni (1) kesalahan berdasarkan aspek bentuk huruf dengan jumlah kesalahan sebanyak 1567 dengan presentase 51% dan termasuk kategori banyak sekali, (2) kesalahan berdasarkan aspek kerapian tulisan dengan jumlah kesalahan 1471 dengan presentase 48% dengan kategori banyak, dan (3) kesalahan berdasarkan aspek kejelasan tulisan dengan jumlah kesalahan 49% dengan kategori sedikit sekali. Faktor penyebab kesalahan penulisan huruf tegak bersambung ini berasal dari siswa dan guru . Berdasarkan analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa 80% siswa sudah mampu menulis huruf tegak bersambung dengan cukup baik, hal ini dapat terlihat jumlah jenis kesalahan yang terjadi pada masing-masing hasil tulisan tegak bersambung siswa. Adapun saran yang dapat diberikan untuk guru kelas, agar memberikan pembelajaran tentang menulis huruf tegak bersambung dengan benar sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia yang ada. Selain itu guru dapat mengubah metode atau teknik pengajaran yang digunakan dalam mengajarkan menulis huruf tegak bersambung sehingga kesalahan yang terjadi dapat lebih diminimalisir lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5926

Actions (login required)

View Item View Item