Peningkatan hasil belajar IPS melalui model example non example di kelas IV SDN Purworejo 1 Kabupaten Tulungagung / Anang Nur Ikhtiar - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS melalui model example non example di kelas IV SDN Purworejo 1 Kabupaten Tulungagung / Anang Nur Ikhtiar

Ikhtiar, Anang Nur (2015) Peningkatan hasil belajar IPS melalui model example non example di kelas IV SDN Purworejo 1 Kabupaten Tulungagung / Anang Nur Ikhtiar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ikhtiar Anang Nur. 2015. Peningkatan Hasil Belajar IPSMelalui Model Example Non Example Di Kelas IV SDN Purworejo 1 Kabupaten Tulungagung. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Suminah S. Pd. M. Pd. (2) Dra. Yuliwidiarti S. Pd. Kata Kunci hasil belajar model example non example ilmu pengetahuan sosial. Berdasarkanobservasi awal dan wawancara dengan guru kelas IV SDN Purworejo 1 Kabupaten Tulungagung terdapat beberapa masalah yaitu (1) model pembelajaran yang digunakan belum cocok dengan pelajaran IPS (2) guru tidak membuat RPP sebelum melaksanakan pembelajaran sehingga pembelajaran kurang terarah dengan baik (3) hasil belajar IPS siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model example non example pada pembelajaran IPSdi kelas IV SDN Purworejo 1 Kabupaten Tulungagung dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPSmelalui model example non exampledi kelas IV SDN Purworejo 1 Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dokumentasi tes dan catatan lapangan. Teknik analisis hasil penelitian yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran example non example dapat meningkatkan aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar IPS siswa. Pada siklus I persentase nilai rata-rata aktivitas guru adalah 76 1% dan pada siklus II meningkat menjadi 92 3%. Aktivitas diskusi kelas siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I aktivitas diskusi kelas siswa mendapat persentase rata-rata 74% dan pada siklus II aktivitas diskusi kelas siswa meningkat menjadi 84%. Hasil tes akhir siswajuga mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata tes akhir siswa adalah 72 5. Pada pertemuan pertama siklus I persentase ketuntasan tes akhir siswa mendapatkan nilai 56% dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi 64 7%. Pada siklus II nilai rata-rata tes akhir siswa mengalami peningkatan menjadi 81. Pada pertemuan pertama siklus II persentase ketuntasan tes akhir siswa mendapatkan nilai 82 3%. Pada pertemuan kedua siklus II persentase ketuntasan tes akhir siswa meningkat menjadi 91 1% Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model pembelajaran example non example dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswakelas IV SDN Purworejo 1 Kabupaten Tulungagung. Agar lebih efektif dalam menerapkan model ini disarankan bagi guru untuk membuat RPP sebelum melaksanakan pembelajaran.Sedangkan bagi sekolah untuk selalu meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5925

Actions (login required)

View Item View Item