Hubungan antara kemampuan membaca intensif dengan kemampuan menceritakan kembali isi teks cerita pada siswa kelas IV SDN Catakgayam 1 Kabupaten Jombang / Evi Fatmasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kemampuan membaca intensif dengan kemampuan menceritakan kembali isi teks cerita pada siswa kelas IV SDN Catakgayam 1 Kabupaten Jombang / Evi Fatmasari

Fatmasari, Evi (2015) Hubungan antara kemampuan membaca intensif dengan kemampuan menceritakan kembali isi teks cerita pada siswa kelas IV SDN Catakgayam 1 Kabupaten Jombang / Evi Fatmasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fatmasari Evi. 2015. Hubungan antara Kemampuan Membaca Intensif dengan Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Teks Cerita pada Siswa Kelas IV di SDN Catakgayam 1 Kabupaten Jombang. Skripsi Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. A. Badawi S.Pd M.Pd (II) Dra. Sudarsini M.Pd. Kata Kunci membaca intensif menceritakan kembali isi teks cerita kemampuan. Membaca intensif adalah membaca dengan sungguh-sungguh yang memerlukan konsentrasi tinggi sehingga diperoleh pengertian dan pemahaman yang mendalam serta terperinci terhadap isi bacaan. Pemahaman siswa terhadap suatu bacaan dapat dilihat pada tahap pascabaca dimana siswa dapat menjawab pertanyaan tentang bacaan menemukan gagasan pokok suatu bacaan membuat ringkasan isi bacaan dan dapat menceritakan kembali isi bacaan tersebut. Kegiatan menceritakan kembali merupakan kegiatan pascabaca. Menceritakan kembali adalah pengungkapan dengan cara lain sebagai wujud pemahaman secara tertulis terhadap isi bacaan yang telah dibaca. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca intensif dan kemampuan menceritakan kembali isi teks cerita siswa serta mengetahui ada tidaknya hubungan antara kedua variabel tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif dan korelasional. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV di SDN Catakgayam 1 Kabupaten Jombang yang berjumlah 39 siswa. Terdiri dari 20 siswa kelas IV A dan 19 siswa kelas IV B. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis. Sebelum digunakan dalam penelitian instrumen terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil analisis validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kemampuan membaca intensif nilai tertinggi yang diperoleh yaitu 85 dan nilai terendah yaitu 25. Nilai rata-rata kemampuan membaca intensif sebesar 52 3. Nilai terbanyak yang diperoleh siswa terletak pada interval 36 22 68 3 sebesar 69 23%. Pada kemampuan menceritakan kembali isi teks cerita nilai tertinggi yang diperoleh yaitu 85 dan nilai terendah yaitu 25. Nilai rata-rata kemampuan menceritakan kembali isi teks cerita sebesar 58 07. Nilai terbanyak yang diperoleh siswa terletak pada interval 40 14 76 sebesar 61 53%. Uji hipotesis dengan analisis korelasi Product Moment Pearson diperoleh nilai rxy lebih besar dari nilai rtabel (0 812 0 316). Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa kemampuan membaca intensif dan kemampuan menceritakan kembali isi teks cerita berada dalam kelompok sedang. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hipotesis kerja (Ha) diterima. Saran bagi guru diharapkan untuk lebih memberikan bimbingan motivasi dan pengarahan untuk meningkatkan kemampuan membaca intensif dan kemampuan menceritakan kembali isi teks cerita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5924

Actions (login required)

View Item View Item