Peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas IIIB melalui bermain telepon di SDN Kademangan 5 Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar / Rosalia Kartikawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas IIIB melalui bermain telepon di SDN Kademangan 5 Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar / Rosalia Kartikawati

Kartikawati, Rosalia (2015) Peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas IIIB melalui bermain telepon di SDN Kademangan 5 Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar / Rosalia Kartikawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kartikawati Rosalia. 2015. Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IIIB melalui Bermain Telepon di SDN Kademangan 5 Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Widayati M.H (II) Dra. Yuliwidiarti S.Pd Kata kunci Peningkatan Keterampilan Berbicara Bermain Telepon Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas IIIB SDN Kademangan 5 Kabupaten Blitar ditemukan beberapa permasalahan antara lain (1) rendahnya nilai keterampilan berbicara siswa yang mencakup pelafalan intonasi diksi sikap mimik dan kelancaran (2) kosakata yang dimiliki siswa masih kurang karena siswa hanya pasif dalam kegiatan pembelajaran (3) siswa kurang berani berbicara di depan teman-temannya karena siswa kurang dilatih untuk berbicara seperti saat menyampaikan pendapatnya di kelas. Permasalahan tersebut menyebabkan kurang aktifnya siswa dalam kegiatan pembelajaran dan berdampak pada rendahnya nilai keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran keterampilan berbicara siswa melalui bermain telepon di SDN Kademangan 5 Kabupaten Blitar (2) untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran keterampilan berbicara siswa melalui bermain telepon siswa kelas IIIB di SDN Kademangan 5 Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian PTK yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan dilaksanakan dengan tahapan perencanaan pelaksanaan observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes observasi wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) penerapan pembelajaran keterampilan berbicara siswa melalui bermain telepon sudah sesuai dengan langkah-langkah yang direncanakan dan sesuai dengan aturan bertelepon yang benar (2) pembelajaran keterampilan berbicara siswa melalui bermain telepon dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Dari hasil penelitian diperoleh data rata-rata nilai keterampilan berbicara siswa pada tahap pratindakan adalah 54 dengan ketuntasan belajar klasikal 3%. Setelah dilaksanakan siklus I rata-rata nilai keterampilan berbicara siswa meningkat menjadi 66 dengan ketuntasan belajar klasikal 40%. Pada siklus II rata-rata nilai keterampilan berbicara siswa adalah 78 dengan ketuntasan belajar klasikal 93%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran keterampilan berbicara melalui bermain telepon dapat meningkatkan nilai keterampilan berbicara siswa kelas IIIB SDN Kademangan 5 Kabupaten Blitar. Untuk itu disarankan guru melakukan pembelajaran yang menarik seperti melalui bermain telepon dan menggunakan media dalam pembelajaran keterampilan berbicara agar siswa mendapatkan hasil belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5922

Actions (login required)

View Item View Item