Improving the speaking skill through sound-consciousness-raising activities and question-answer technique / Martin Surya Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Improving the speaking skill through sound-consciousness-raising activities and question-answer technique / Martin Surya Putra

Martin Surya (2011) Improving the speaking skill through sound-consciousness-raising activities and question-answer technique / Martin Surya Putra. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Berbicara Penyadaran Bunyi Teknik Tanya-Jawab Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa D-3 Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Samarinda melalui kegiatan penyadaran sistem bunyi dan Teknik Tanya-Jawab. Kedua strategi ini dipilih karena memberikan model konsep latihan dan kegiatan yang diperlukan dalam berkomunikasi menggunakan bahasa kedua. Masalah penelitian adalah bagaimana kegiatan penyadaran sistem bunyi dan Teknik Tanya-Jawab dapat diimplementasikan guna meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa D-3 Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Samarinda. Karena disain penelitian ini adalah tindakan kelas maka koloborator dan peneliti bekerja sama merancang rencana pembelajaran melakukan observasi dan membuat refleksi. Karena dilakukan dalam proses siklus maka penelitian ini bertolak dari perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Ada dua jenis data kualitatif dan kuantitatif. Kualitatif diperoleh dari formulir observasi dan panduan wawancara sementara kuantitatif diperoleh dari hasil penilaian kinerja. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pengimplementasian kegiatan dan teknik yang digunakan mampu meningkatkan kemampuan berbicara mahasiwa tercermin dari nilai rata-rata pengucapan dari 55.03 65.52 dan 70.85 sedangkan nilai rata-rata keterampilan berbicara dari 56.18 66.82 dan 71.91 dalam dua siklus.Ada beberapa prosedur yang digunakan hingga mampu meningkatkan ucapan dan keterampilan berbicara seperti model pengucapan latihan pengucapan pengumpanan membuat kalimat latihan terkendali dan latihan bebas. Disamping itu proses belajar mengajar berjalan cukup berhasil dengan bantuan topik-topik kehidupan nyata yang diumpan kepada mahasiswa penyajian berbagai penggunaan bentuk waktu pemberian instruksi yang jelas penjelasan kata-kata asing pendemonstrasian makna kata dalam konteks penyajian inti percakapan fungsional untuk topik komunikasi tertentu pengajaran pola intonasi naik dan turun dan pengajaran kata-kata pelengkap agar dapat menghasilkan percakapan Dari hasil temuan dapat disimpulkan bahwa kegiatan penyadaran sistem bunyi dan Teknik Tanya-Jawab tidak hanya efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara mahasiwa namun juga dalam memotivasi mereka belajar bahasa kedua selama proses belajar mengajar di kelas. Sehingga disarankan agar para guru bahasa Inggris menerapkan kegiatan penyadaran sistem bunyi dan Teknik Tanya-Jawab dalam pengajaran bahasa Inggris karena bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan berbicara serta dapat memotivasi mahasiswa menggunakan lebih banyak bahasa kedua dari pada harus terperangkap menggunakan bahasa ibu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59210

Actions (login required)

View Item View Item