Using Web folio to improve the writing skills of the students of informatics management / Atiqah Nurul Asri - Repositori Universitas Negeri Malang

Using Web folio to improve the writing skills of the students of informatics management / Atiqah Nurul Asri

Atiqah Nurul (2010) Using Web folio to improve the writing skills of the students of informatics management / Atiqah Nurul Asri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Jurusan Pengajaran Bahasa Inggris Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Monica D. D. Oka M.A. (II) Prof. Dr. Nur Mukminatien M.Pd. Kata kunci web folio meningkatkan kemampuan menulis Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa dengan menggunakan web folio. Dalam penelitian ini asesmen dianggap sebagai bagian dari proses pengajaran sehingga web folio digunakan sebagai instrumen yang tidak hanya menskor tetapi juga meningkatkan kemampuan menulis siswa. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester tiga Program Studi Manajemen Informatika Poiteknik Negeri Malang kelas 2C. Berdasarkan penelitian sebelum penelitian tindakan ini dilakukan dengan menggunakan rubrik penelitian yang diperkenalkan Berhman pada tahun 2003 diperoleh bahwa 75% tulisan mahasiswa termasuk dalam kategori insufficient atau uneven (dinilai 2). Maka dari itu dengan memanfaatkan salah satu laboratorium multimedia yang memfasilitasi komputer yang terhubung dengan internet bagi tiap mahasiswa web folio diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menulis mereka. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif dan dilakukan selama dua siklus yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Tahap perencanaan meliputi (1) mengidentifikasi tujuan penelitian (2) menentukan konten web folio yang akan dibuat (3) menyiapkan aplikasi web yang akan digunakan (4) menyiapkan rubrik penilaian dan (5) menginformasikan web folio ini pada pihak-pihak yang terkait dengan pengajaran. Adapun tahap pelaksanaan adalah tahap mengimplementasikan strategi web folio yang terdiri dari (1) menjelaskan strategi ini secara lisan dan melengkapi penjelasan dengan petunjuk pengerjaan secara tertulis dan contoh web folio yang dibuat pengajar (2) memperkenalkan aplikasi web yang telah disiapkan sebelumnya dan meminta siswa membuat akun di situs web yang digunakan (3) mengajarkan materi tentang paragraf dan esai dan meng-unggahnya di situs web yang digunakan (4) melakukan asesmen (dilakukan sendiri dengan bantuan teman dan oleh guru) dan memberikan umpan balik (5) meng-unggah hasil tulisan siswa di situs web dan (6) memberikan skor. Tahap selanjutnya adalah tahap pengamatan di mana data dicatat dan dikumpulkan selama strategi dilaksanakan dengan menggunakan instrumen penelitian seperti catatan penelitian lembar observasi petunjuk interview kuesioner dan web folio mahasiswa itu sendiri. Penelitian ini difokuskan pada proses implementasi strategi web folio dan produk yaitu tulisan siswa secara kuantitas (jumlah entri/tulisan siswa) dan kualitas (skor entri siswa yang didasarkan rubrik penilaian Berhman) sebagai bukti siswa mengalami peningkatan pada kemampuan menulisnya. Penelitian ini dianggap berhasil jika memenuhi kriteria keberhasilan sebagai berikut (1) 80% siswa dapat menampilkan 3 entri atau lebih dalam bentuk paragraf atau esai yang berhubungan dengan informatika dan (2) 60% nilai rata-rata entri siswa termasuk kategori sufficient (atau dinilai 3) Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa semua kriteria keberhasilan tercapai ketika siklus kedua berakhir. Dari catatatan penelitian dan lembar observasi dapat disimpulkan bahwa strategi web folio benar-benar diimplementasikan di kelas dan berhasil meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa. Dari produk tulisan yaitu web folio siswa dapat disimpulkan bahwa 90% entri siswa diunggah di situs web terdiri dari paling sedikit 3 entri dalam bentuk paragraf dan esai dan 90% skor entri siswa (berdasarkan rubrik penilaian Berhman) termasuk kategori sufficient (nilai rata-rata 3). Di samping itu dari kuisioner dan hasil interview dapat disimpulkan bahwa mahasiswa sangat antusias dan termotivasi selama strategi web folio diimplementasikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59207

Actions (login required)

View Item View Item