Using directed reading-thinking activity (DR-TA) to improve the students' reading comprehension at the english education study program of STAIN Palangkaraya / Santi Erliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Using directed reading-thinking activity (DR-TA) to improve the students' reading comprehension at the english education study program of STAIN Palangkaraya / Santi Erliana

Santi (2010) Using directed reading-thinking activity (DR-TA) to improve the students' reading comprehension at the english education study program of STAIN Palangkaraya / Santi Erliana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suharmanto Ruslan M. Pd Advisor (II) Drs. Fachrurrazy M.A. Ph. D Kata kunci DR-TA keterampilan membaca teks ekspositori Teks ekspositori merupakan salah satu teks yang diajarkan pada tingkat perguruan tinggi. Teks informatif ini dianggap sebagai teks yang paling sulit bagi mahasiswa bahasa Inggris semester dua di STAIN Palangkaraya dari teks-teks yang lain mengingat teks ini menggunakan kosakata baru dan kontekstual dan diorganisir menggunakan lebih dari satu struktur. Pendekatan berbasis proses yang menjadi acuan Strategi DR-TA dipadukan dengan restrukturisasi prosedur pengajaran yang berupaya membangun kewaspadaan siswa terhadap penggunaan struktur tertentu dalam teks informatif diterapkan dalam penelitan tindakan kolaboratif ini. Penelitian tindakan ini dilaksanakan pada mahasiswa semester dua pada mata kuliah Membaca Pemahaman II di STAIN Palangka Raya untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kemampuan membaca dengan menggunakan strategi DR-TA dipadukan dengan restrukturisasi. Strategi DR-TA meliputi tiga fase (prediksi membaca dalam hati terbimbing dan pembuktian prediksi) bertujuan mengarahkan mahasiswa untuk merencanakan memonitor dan mengevaluasi proses membaca mereka. Berdasarkan temuan dari penelian yang dilakukan dalam dua siklus menunjukkan bahwa strategi ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa khususnya kemampuan mengidentifikasi topik ide pokok organisasi yang dipergunakan penulis dalam menulis teks ekspositori struktur teks informasi tersurat dan menarik kesimpulan dari pesan tersirat yang disampaikan penulis. Nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan yang pesat dari 70 pada tes pendahuluan menjadi 72.93 pada Siklus 1 dan 80 pada Siklus 2. Temuan penelitian juga menunjukkan hasil positif bahwa siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dari 58.14% di Siklus 1 menjadi 79.2% di Siklus 2. Peningkatan kemampuan membaca dapat dilihat melalui pendekatan melalui tiga tahap prosedur pelaksanaan strategi DR-TA yakni sebelum membaca membaca dan sesudah membaca. Tahap sebelum membaca bertujuan meningkatkan pengetahuan bahasa dengan cara meningkatkan pengetahuan awal mereka. Langkah-langkahnya adalah menampilkan gambar yang berkaitan dengan topik dan memperkenalkan kosakata baru atau kontekstual dengan cara menuliskannya pada papan tulis. Kemudian terdapat lima langkah pada tahap membaca yaitu prediksi membaca dalam hati terbimbing pembuktian prediksi restrukturisasi dan evaluasi pemahaman isi bacaan. Langkah-langkah pada tahap prediksi adalah (1) menulis judul dari teks yang akan dibaca pada papan tulis (2) mengelompokkan kelas (3) memberikan model atau simulasi bagaimana menyatakan prediksi (4) membagikan lembar kerja siswa (5) meminta siswa membuat prediksi secara lisan (6) membuat daftar prediksi siswa pada papan tulis dan (7) meminta siswa mendiskusikan daftar prediksi yang tersedia di papan tulis dan menyatakan pendapat mereka atas prediksi yang paling baik. Sementara itu langkah-langkah pada tahap membaca dalam hati terbimbing adalah (8) membagikan teks yang akan dibaca (9) meminta siswa untuk membaca teks dengan tujuan untuk mengidentifkasi komponen essai kata kunci yang diperkenalkan diawal dan menemukan informasi yang mendukung atau menolak prediksi mereka dan (10) memberikan modeling contoh atau simulasi bagaimana membuktikan prediksi. Kemudian langkah-langkah pada tahap pembuktian prediksi adalah (11) meminta siswa untuk mengkonfirmasikan prediksi mereka dan (12) meminta siswa untuk membuktikan prediksi mereka dengan menunjukan informasi yang terdapat dalam teks untuk mendukung pendapat mereka. Setelah ketiga fase DR-TA selesai fase berikutnya adalah restrukturisasi. Adapun langkah-langkahnya adalah (13) meminta siswa mengidentifkasi struktur yang digunakan dalam teks dan (14) meminta siswa melengkapi graphic organizer yang telah disediakan. Akhirnya pemahaman siswa akan isi teks dievaluasi pada langkah (15) pertanyaan pemahaman secara lisan kepada siswa. Akhirnya rekomendasi hasil penelitian ini ditujukan kepada siswa pengajar bahasa Inggris dan peneliti pada bidang yang sama. Pertama-tama siswa diharapkan tidak hanya menggunakan DR-TA ketika dikelas membaca saja namun pada saat dimana mereka sedang membaca teks apapun jenisnya. Kemudian bagi pengajar dianjurkan untuk menggunakan DRTA dalam mengajar. Akhirnya untuk peneliti pada bidang yang sama pengembangan prosedur strategi DR-TA dalam penelitian tindakan dapat dilaksanakan dengan memperluas keahlian mikro reading untuk tingkat kebisaan yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59206

Actions (login required)

View Item View Item