Peningkatan hasil belajar IPS melalui model numbered heads together di kelas III SDN Ngaglik 03 Kabupaten Blitar / Efsi Prastiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS melalui model numbered heads together di kelas III SDN Ngaglik 03 Kabupaten Blitar / Efsi Prastiwi

Prastiwi, Efsi (2015) Peningkatan hasil belajar IPS melalui model numbered heads together di kelas III SDN Ngaglik 03 Kabupaten Blitar / Efsi Prastiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prastiwi Efsi. 2015. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Numbered Heads Together di Kelas III SDN Ngaglik 03 Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dra. Hj. Sri Murdiyah M.Pd (2) Suminah S.Pd. M.Pd Kata kunci hasil belajar ilmu pengetahuan sosial Numbered Heads Together Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada pembelajaran IPS dengan materi jenis pekerjaan di kelas III SDN Ngaglik 03 Kabupaten Blitar diketahui bahwa (1) pembelajaran berpusat pada guru (2) guru dominan menggunakan metode ceramah (3) guru tidak menggunakan media atau model dalam pembelajaran (4) siswa kurang aktif dalam pembelajaran (5) siswa tidak pernah belajar secara berkelompok. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa rendah yaitu dari 11 siswa hanya 3 siswa yang memperoleh nilai diatas KKM yaitu 70 sedangkan 8 siswa belum tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model Numbered Heads Together pada pembelajaran IPS dengan materi tempat jual beli di lingkungan rumah dan sekolah (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi tempat jual beli di lingkungan rumah dan sekolah dengan menggunakan model Numbered Heads Together. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus satu siklus terdiri dari dua pertemuan yang masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan teknik observasi dokumentasi catatan lapangan dan tes. Analisis data diawali dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian persentase kemampuan guru dalam menggunakan model Numbered Heads Together pada siklus I adalah 84% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 97% dengan kualifikasi sangat baik. Rata-rata hasil belajar siswa pada pratindakan mencapai 46 dengan ketuntasan klasikal 27%. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 70 dengan ketuntasan klasikal 41%. Sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat mencapai 86 dengan ketuntasan klasikal 82% dengan kualifikasi baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Numbered Heads Together dilaksanakan guru dengan sangat baik dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar IPS siswa kelas III dari kurang sekali menjadi baik. Disarankan kepada guru untuk menerapkan dan mengembangkan model NHT pada pembelajaran IPS materi yang lain bagi sekolah hendaknya memberikan fasilitas yang lengkap dan pelatihan bagi guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5919

Actions (login required)

View Item View Item