Problematika pembelajaran tematik terpadu di SDN Bunulrejo 01 Malang / Faridahtul Jannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Problematika pembelajaran tematik terpadu di SDN Bunulrejo 01 Malang / Faridahtul Jannah

Jannah, Faridahtul (2015) Problematika pembelajaran tematik terpadu di SDN Bunulrejo 01 Malang / Faridahtul Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jannah Faridahtul. 2015. Problematika Pembelajaran Tematik Terpadu di SDN Bunulrejo 01 Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Muchtar S.Pd M.Si (II) Drs. Suhartono S.Pd M.Pd. Kata Kunci pembelajaran tematik terpadu siswa SD Pembelajaran tematik terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema agar pembelajaran bermakna bagi siswa.Dikatakan bermakna pada pembelajaran Tematik Terpadu artinya peserta didik akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkan dengan konsep yang lain yang sudah mereka pahami.Pembejalaran tematik terpadumenuntut guru untuk memperkaya sensori pengalaman dibidang sikap keterampilan dan pengetahuan karena guru sangat berperan dalam menjalankan pembelajaran tematik terpadu. Tetapi masih banyak guru yang mengalami kesulitan untuk melaksanakan pembelajaran tematik terpadu sesuai kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan pelaksanaan dan penilaian pembelajaran tematik terpadu di SDN Bunulrejo 01 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa guru di SDN Bunulrejo 01 Malang mengalami permasalahan dalam perencanaan pembelajaran tematik terpadu yaitu guru cenderung menggunakan silabus dari pemerintah silabus belum dikembangakan oleh guru gurukesulitan dalam merumuskan indikator menggunakan kata kerja operasional.Pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu ditemukan beberapa fakta yaitu guru belum mengembangkan pembelajaran sesuai dengan kehidupan sehari-hari siswa pemahaman materi seharusnya lebih penting daripada ketuntasan materi pelajaran oleh siswa guru belum mengembangkan media tematik terpuadu. Penilaian pembelajaran tematik terpadu ditemukan beberapa fakta yaitu Guru mengalami permasalahan dalam menyajikan pedoman penskoran untuk penilaian unjuk kerja dan penilaian produk dan guru mengalami permasalahan dalam menggunakan kriteria penilaian yang jelas dan terukur. Berdasarkan kesimpulan penelitian maka disarankan agar sekolah mengadakan pelatihan tentang pembelajaran tematik terpadu. Selain itu guru sebaiknya berpedoman pada ketentuan-ketentuan pembelajaran tematik terpadu dan panduan teknik implementasi kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5916

Actions (login required)

View Item View Item